Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh (Studi Kasus Kelas X Di Laboratorium Agama Man Parakan Temanggung Tahun Pelajaran 2012/2013)

Yulianti, Vita and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2013) Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh (Studi Kasus Kelas X Di Laboratorium Agama Man Parakan Temanggung Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (668kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu fasilitas yang dapat membantu dalam proses belajar mengajar, salah satunya yaitu laboratorium agama. MAN Parakan Temanggung adalah satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri yang mempunyai laboratorium agama di wilayah Temanggung. Dengan proses belajar mengajar yang monoton siswa akan merasakan kejenuhan saat proses belajar mengajar, maka adanya media pembelajaran di laboratorium agama akan membantu dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqh. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adalah bagaimana peran media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqh (tentang materi ibadah Haji) dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran di laboratorium agama MAN Parakan Temanggung tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peran media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqh dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran di laboratorium agama MAN Parakan Temanggung tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan fenomena dari seluruh data yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan induktif. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa, guru, dan yang berhubungan dengan laboratorium agama MAN Parakan Temanggung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran berperan positif terhadap proses pembelajaran Fiqh yaitu: Pertama, dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui langsung bagaimana tata cara pelaksanaan haji. Kedua, dapat digunakan untuk mengamati langsung peralatan yang digunakan dalam pelaksanaan ibadah haji. Ketiga, dapat memungkinkan terjadinya kontak langsung dengan masyarakat. Keempat, dapat membangkitkan semangat belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Kelima, dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan panca indera siswa. Keenam, dapat mengatasi kekurangan kemampuan yang dimiliki siswa. Peran media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqh dapat dilihat dari rata-rata hasil ulangan dan nilai praktik yang meningkat sebanyak 79,04% dari tahun pelajaran 2006/2007 (sebelum ada media pembelajaran) dengan tahun pelajaran 2012/2013 (sesudah ada media pembelajaran). Faktor pendukung: adanya fasilitas penunjang untuk siswa dapat mengamati dan memahami pelajaran khususnya mata pelajaran Fiqh, partisipasi dari guru-guru agama dan guru yang sudah pernah melaksanakan haji, semangat siswa untuk mencoba dan memahami langsung tentang pelaksanaan ibadah haji. Faktor penghambat: fasilitas belum lengkap, lokasi yang belum menyerupai seperti aslinya, jam pelajaran yang terbatas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqh, dan Ibadah haji
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 07:49
Last Modified: 29 Oct 2021 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25872

Actions (login required)

View Item View Item