Analisis Kinerja Keuangan Pada Bank Muamalat Indonesia Dan Bank Mandiri Dengan Menggunakan Metode Camels Periode 2009-2011

Anitasari, Rahmy (2013) Analisis Kinerja Keuangan Pada Bank Muamalat Indonesia Dan Bank Mandiri Dengan Menggunakan Metode Camels Periode 2009-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (24MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan Bank Muamalat Indonesia dan Bank Mandiri, dan membandingkan tingkat kesehatan bank tersebut untuk mengetahui bank yang mempunyai peringkat komposit tertinggi. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan metode CAMELS (Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity, Sensitivity to Market Risk) sesuai dengan PBI Nomor: 6/10/PBI/2004 tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Dalam penelitian ini menggunakan metode CAMELS yang terdiri dari faktor permodalan, faktor kualitas aset, faktor manajamen, faktor rentabilitas, faktor likuiditas dan faktor sensitivitas terhadap reisiko pasar. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yaitu laporan posisi keuangan (neraca) dan laporan laba rugi pada periode 2009-2011. Data diperoleh dari Laporan Keuangan Bank Muamalat dan Bank Mandiri yang dipublikasikan. Metode analisis data menggunakan analisis rasio CAMELS. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari analisa hasil komponen faktor CAMELS dari tahun 2009-2011 Bank Muamalat berada pada PK-1 samapai PK-3 sedangkan Bank Mandiri berada pada PK-1 samapai PK-2. Jadi dapat disimpulkan bahwa perbandingan rata-rata selama tiga tahun berturut-rurut terhadap Bank Muamalat dan Bank Mandiri menunjukkan bahwa tingkat kesehatan Bank Mandiri mempunyai peringkat komposit yang paling tinggi dibandingkan Bank Muamalat karena pada kisaran PK-1 sampai PK-2 yang dikategorikan bank dalam keadaan sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CAMELS, Kinerja Keuangan dan Tingkat Kesehatan Perbankan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2013 07:33
Last Modified: 14 Sep 2013 12:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25870

Actions (login required)

View Item View Item