ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI PENJUALAN DAN PERIKLANAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN BATIK KEPALA KUDA SUKOHARJO

Kamal, Abdul Kadir (2008) ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI PENJUALAN DAN PERIKLANAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN BATIK KEPALA KUDA SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
B100040072.pdf

Download (241kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya pengaruh biaya promosi penjualan dan periklanan terhadap peningkatan volume penjualan pada perusahaan Batik Kepala Kuda Sukoharjo, serta mengetahui dan menganalisis komponen mana yang mempunyai pengaruh paling besar antara biaya promosi penjualan dan periklanan terhadap peningkatan volume penjualan pada perusahaan Batik Kepala Kuda Sukoharjo. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai bahan masukan bagi pimpinan perusahaan dalam menentukan kebijaksanaan dan strategi promosinya sehingga dapat meningkatkan penjualan dimasa yang akan datang. Penelitian tetang pengaruh biaya promosi penjualan dan periklanan terhadap peningkatan volume penjualan pada Perusahaan Batik Kepala Kuda Sukoharjo ini dilakukan dengan alat analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Adapun sampel penelitiannya adalah data laporan keuangan yang meliputi biaya promosi penjualan, periklanan dan volume penjualan pada Perusahaan Batik Kepala Kuda Sukoharjo tahun 2000 sampai 2006. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = -18.000.000 + 13,564X1 + 19,758X2. Nilai konstanta bernilai negatif, berarti apabila variabel promosi penjualan dan periklanan konstan, maka volume penjualan akan turun sebesar Rp. 18.000.000. Koefisien regresi variabel promosi penjualan (b1) bernilai positif sebesar 13,564; berarti promosi penjualan mempunyai pengaruh positif terhadap volume penjualan. Koefisien regresi variabel periklanan (b2) bernilai positif sebesar 19,758, berarti periklanan mempunyai pengaruh positif terhadap volume penjualan. Hasil uji t untuk promosi penjualan diperoleh thitung 3,452 > 2,571 (p = 0,026) dan periklanan diperoleh thitung 3,277 > 2,571 (p = 0,031) sehingga promosi penjualan dan periklanan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan dengan promosi penjualan sebagai faktor yang berpengaruh lebih besar. Adapun berdasarkan perhitungan F statistik diketahui bahwa Fhitung 1292,352 > Ftabel 6,94 menunjukkan bahwa secara bersama-sama promosi penjualan dan periklanan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,998 berarti bahwa perubahan pada volume penjualan 99,8% disebabkan oleh promosi penjualan dan periklanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: promosi penjualan, periklanan, volume penjualan.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 12 Jun 2009 08:40
Last Modified: 16 Nov 2010 21:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item