Penggunaan Metode Menyanyi Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas I SD Ta'mirul Islam Surakarta

Rahmawaty, Feny and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Penggunaan Metode Menyanyi Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas I SD Ta'mirul Islam Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (944kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (424kB)

Abstract

Pengajaran adalah suatu proses memasuki dunia siswa guna untuk mengubah persepsi dan perilaku siswa. Salah satu tugas utama guru selain mengajarkan apa yang akan diajarkan juga sebisa mungkin dapat meningkatkan motivasi siswa ketika mengikuti pembelajaran. Masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ketika mengikuti pembelajaran. Sehingga guru berkewajiban untuk sebisa mungkin mengoptimalkan pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru harus menerapkan strategi PAIKEM dalam proses belajar mengajar. Salah satu metode yang hampir bisa memenuhi kriteria PAIKEM, yakni dengan menggunakan metode menyanyi. Hasil pengamatan selama observasi di SD Ta'mirul Islam diketahui bahwa sekolah ini sudah lama menggunakan metode ini akan tetapi masih belum terlihat hasil yang memuaskan padahal metode ini sangat tepat bila digunakan dalam pembelajaran terutama pembelajaran bahasa Arab. Hal ini terlihat dari kurangnya disiplin siswa ketika mengikuti pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki siswa untuk mengajukan pertanyaan, bertanya dan juga untuk berpartisipasi aktif ke depan kelas. Berdasarkan data tersebut penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini tidak lain untuk mengkaji lebih mendalam apakah penggunaan metode menyanyi dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran bahasa Arab kelas I SD Ta'mirul Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan penggunaan metode menyanyi memang dapat meningkatkan motivasi belajar sisiwa pada pembelajaran bahasa Arab. Sehingga diharapkan nantinya dapat menambah khasanah keilmuan dan juga dapat diterapkan dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Jenis penelitian yang digunakan yakni PTK dengan cara berkolaborasi dengan guru mitra. Subyek yang berpastisipasi dalam pembuatan penelitian ini, antara lain kepala sekolah, guru pengajar bahasa Arab dan siswa kelas I SD Ta'mirul Islam yang berjumlah 24 orang. Pelaksana tindakan adalah guru, obyek penelitian adalah siswa kelas I D SD Ta'mirul Islam, sedangkan peneliti hanya sebagai observer dalam proses pembelajaran. Penelitian ini masih bersifat diskripsi kualitatif, yakni suatu metode pengumpulan data dan fakta-fakta yang kemudian diuraikan dengan terperinci guna untuk menjawab persoalan yang sedang dibahas. Metode pengumpulan data yang digunakan, yakni tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam upaya untuk membuktikan bahwa penggunaan metode menyanyi dapat meningkatkan motivasi belajar yang meliputi: a) mengajukan pertanyaan sebelum penelitian yakni 5 siswa (20,8%), putaran I mencapai 8 siswa (33,3%), dan putaran II mencapai 15 siswa (62,5%), b) menjawab pertanyaan sebelum penelitian sebanyak 7 siswa (29,1%), putaran I mencapai 10 siswa(41,6%), dan putaran II mencapai 17 siswa (70,8%), c) partisipasi aktif sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (33,3%), putaran I mencapai 13 siswa (54,2%), dan putaran II mencapai 17 siswa (70,8%), d) konsentrasi belajar sebelum penelitian sebanyak 10 siswa (41,6%), putaran I mencapai 15 siswa (62,5%), dan putaran II mencapai 20 siswa (83,3%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode menyanyi memang terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: metode menyanyi dan motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 07:29
Last Modified: 29 Oct 2021 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25868

Actions (login required)

View Item View Item