Pengaruh Skeptisisme, Independensi, Situasi Audit Dan Pengalaman Auditor Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor Oleh Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Semarang)

Pratiwi, Ria and , Dra. Nursiam, M.H., Ak., CA (2013) Pengaruh Skeptisisme, Independensi, Situasi Audit Dan Pengalaman Auditor Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor Oleh Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Skeptisisme, Independensi, Situasi Audit dan Pengalaman Auditor Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor Oleh Akuntan Publik di Kantor Akuntan Publik di wilayah Surakarta dan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik wilayah Surakarta dan Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 53 responden dari 3 Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan 4 Kantor Akuntan Publik di Semarang. Penelitian ini menggunakan alat uji regresi linier berganda. Pengujian tersebut menggunakan program SPSS for Windows version 16.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial variabel skeptisisme diperoleh hasil 0,004 < 0,05 sehingga berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini auditor oleh akuntan publik, variabel independensi diperoleh hasil 0,257 > 0,05 sehingga tidak berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini auditor oleh akuntan publik, variabel situasi audit diperoleh hasil 0,040 < 0,05 sehingga berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini auditor oleh akuntan publik, variabel pengalaman auditor diperoleh hasil 0,000 < 0,05 sehingga berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini auditor oleh akuntan publik. Secara simultan variabel skeptisisme, independensi, situasi audit dan pengalaman auditor berpengaruh terhadap ketepatan pemberian opini auditor oleh akuntan publik, dilihat dari uji F bahwa tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: skeptisisme, independensi, situasi audit, pengalaman dan ketepatan pemberian opini auditor oleh akuntan publik
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2013 07:18
Last Modified: 17 Nov 2021 04:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25867

Actions (login required)

View Item View Item