Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Empirik Sma Al-Islam 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013)

Ardiansyah, Ardiansyah and , Drs. Bambang Raharjo, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Empirik Sma Al-Islam 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman dengan disertai berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), menuntut manusia untuk menguasai berbagai bidang yang ada di kehidupan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, memiliki kompetensi, menguasai IPTEK, dan mampu bersaing dalam menghadapi tantangan di dunia global. Berdasarkan keadaan tersebut, maka kepala sekolah bertanggung jawab untuk melakukan usaha-usaha dalam bidang peningkatan kualitas guru, karena guru adalah pendidik profesional dan merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Guru memegang peran yang utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Penulis tertarik mengadakan penelitian di SMA Al-Islam 3 Surakarta karena di SMA tersebut memiliki keunggulan dengan melaksanaan kurikulum yaitu menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan juga menerapkan pembelajaran multimedia yaitu dengan disediakan laboratoriumlaboratorium seperti laboratorium sains (kimia, biologi, dan fisika), bahasa dan multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMA Al-Islam 3 Surakarta?”. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi upaya-upaya kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas guru di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah kekayaan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan khususnya mengenai fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru guna mencapai tujuan pendidikan yang baik dan berkualitas, serta dapat digunakan sebagai bahan acuan di bidang penelitian yang sejenis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogis. Sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru (PNS dan Non PNS/GTY). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMA Al-Islam 3 Surakarta melalui: menjaga dan meningkatkan kedisiplinan kerja, mendorong untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, seminar, workshop, diklat, pembinaan karier, penataran, mengikuti perkumpulan MGMP dan pendidikan lanjut, mengikuti program sertifikasi guru untuk meningkatkan kinerja guru, memberi motivasi kepada guru, memberi penghargaan bagi guru yang mempunyai prestasi kerja yang baik, menjaga komunikasi dan hubungan baik, memberi gaji dan jaminan keselamatan kerja dengan memberi bantuan dana sosial apabila ada kecelakaan kerja saat melaksanakan tugas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fungsi Kepala Sekolah, Kualitas Guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 07:15
Last Modified: 29 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25864

Actions (login required)

View Item View Item