PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survey Pada Perguruan Tinggi Di Eks Karesidenan Surakarta)

Kusuma , Rendra Hermien Eka (2008) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survey Pada Perguruan Tinggi Di Eks Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040229.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
B200040229.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

Proses belajar mengajar dalam berbagai bidang sangat terkait dengan kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan emosional dapat digunakan untuk melatih kemampuan mahasiswa. Kemampuan tersebut dapat mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan dan cita-citanya, termasuk dalam prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Variabel kecerdasan emosional yang digunakan secara empiris meliputi pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, ketrampilan sosial. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa akuntansi pada perguruan tinggi di Eks Karesidenan Surakarta, namun karena adanya keterbatasan hanya tiga Universitas yang dipilih yaitu UMS, UNS, dan USB dan dibatasi tahun angkatan 2004 dan 2005. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 111 mahasiswa. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi hanya variabel pengenalan diri dan motivasi diri, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu untuk variabel pengendalian diri, empati dan ketrampilan sosial tidak berpengaruh signifikan, karena mempunyai nilai signifikansi di atas 0,05. Namun setelah dilakukan pengujian, menunjukkan bahwa pengaruh keempat variabel tersebut secara bersama-sama adalah signifikan dan mempunyai kontribusi sebesar 49,3% terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, ketrampilan sosial dan pemahaman akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 12 Jun 2009 08:33
Last Modified: 16 Nov 2010 21:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2586

Actions (login required)

View Item View Item