Penerapan Strategi Pembelajaran Jigsaw Dan Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI (Kelas X Tkr 3 Smk Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013)

Makmurodhi, Imam and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Jigsaw Dan Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI (Kelas X Tkr 3 Smk Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
COVER-INTISARI.pdf

Download (518kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (167kB)

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran adalah tepat tidaknya seorang pendidik memakai metode pembelajaran. Penggunaan strategi yang tidak sesuai akan menjadi kendala untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Karena itu, efektifitas penggunaan strategi pembelajaran dapat terjadi bila ada kesesuaian antara program yang direncanakan dengan tujuan yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan strategi pembelajaran Jigsaw dan Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa, pada pelajaran PAI dengan strategi pembelajaran Jigsaw dan Team Quiz siswa kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Pelajaran 2012/2013. Manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi teoritik berupa penyajian informasi ilmiah untuk menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PAI serta untuk memperkaya khazanah teoritis di kalangan pelaku pendidikan, sebagai dasar pijakan serta sebagai pembanding dalam penelitian-penelitian lebih lanjut yang sejenis. Bagi guru, penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview , tes dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah Delanggu. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan penilaian afektif dan kognitif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada strategi Jigsaw meningkat menjadi 79,545 dari nilai awal sebesar 68,344; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 14,09 (termasuk kategori berminat). Nilai rata-rata kognitif pada strategi Team Quiz meningkat menjadi 79,939 dari nilai awal 68,344 sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 15,84 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Jigsaw dan Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah Delanggu tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Jigsaw, Strategi Team Quiz, Hasil belajar (aspek kognitif dan aspek afektif)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 06:58
Last Modified: 29 Oct 2021 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25858

Actions (login required)

View Item View Item