Asuhan Keperawatan Pada Ny. Y Dengan Post Sectio Caesaria Atas Indikasi Dystocia His Diruang Annisa RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Melina, Deti (2013) Asuhan Keperawatan Pada Ny. Y Dengan Post Sectio Caesaria Atas Indikasi Dystocia His Diruang Annisa RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (438kB)

Abstract

Latar belakang :Salah satu penyebab langsung kematian ibu di Indonesia adalah persalinan lama. Salah satu yang mempengaruhi persalinan lama adalah tidak adekuatnya kontraksi uterus (his) selama kala I proses persalinan. Kala I persalinan yang lama akan menyebabkan ibu mengalami kelelahan sehingga kehabisan tenaga. Akibatnya, kontraksi uterus semakin tidak adekuat dan selanjutnya kondisi ini dapat menyebabkan kegagalan kemajuan persalinan. Tidak adekuatnya kontraksi uterus dapat menyebabkan terjadinya perdarahan intrapartum dan postpartum yang merupakan penyebab terbesar tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia. Metode :penulis menggunakan metode deskripsi, adapun sampelnya adalah Ny. Y, data ini diperoleh dengan cara yaitu wawancara, pemeriksaan, observasi aktivitas, memperoleh catatan dan laporan diagnostik, dan bekerjasama dengan teman sekerja. Tujuan :Untuk mengetahui asuhan keperawatan pada pasien dengan post sectio caesaria atas indikasi dystocia his meliputi pengkajian, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Hasil :setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 x 24 jam didapatkan hasil nyeri pasien sudah berkurang dari skala 6 menjadi 3, aktivitas sehari-hari meningkat, serta menyusui tidak efektif teratasi. Kesimpulan :diagnosa yang ditemukan pada kasus post sectio caesaria dengan indikasi dystocia his pada Ny. Y adalah nyeri berhubungan dengan terputusnya kontinuitas jaringan, menyusui tidak efektif berhubungan dengan terhambatnya produksi ASI dan resiko infeksi berhubungan dengan tindakan invasive .Semua masalah keperawatan teratasi. Pada penerapan asuhan keperawatan post sectio caesaria dengan indikasi dystocia his pada Ny. Y ini tidak ditemukan masalah keperawatan yang tidak atau belum teratasi.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sectio caesaria, dystocia his.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 06:32
Last Modified: 19 Sep 2013 11:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25855

Actions (login required)

View Item View Item