Peran Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Surakarta Dalam Upaya Pembinaan Akhlak Anak Asuh Tahun 2013

Shofiyani, Anisa Fitri and , Drs. M. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. and , Dr. Imron Rosyadi M.Ag (2013) Peran Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Surakarta Dalam Upaya Pembinaan Akhlak Anak Asuh Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (265kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (767kB)

Abstract

Pembinaan merupakan suatu proses dinamika kehidupan manusia yang berlangsung secara terus menerus sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan jiwa manusia, yang dimulai sejak dalam kandungan ibunya sampai mencapai masa dewasa. Pembinaan tersebut meliput fisik dan psikis dan yang terpenting adalah pembinaan akhlak. Setiap anak yang dilahirkan telah membawa fitrah beragama dan kemudian selanjutnya bergantung pada pendidikan yang diperolehnya. Sehingga pentingnya peran keluarga dalam proses pembinaan akhlak anak yang menjadi dasar untuk masa depannya. Sebaliknya dengan anak yatim, salah satu problematika hidup anak-anak yatim adalah pengasuhan dan pendidikan mereka. Dengan demikian apakah akhlak anak asuh itu baik atau buruk, kuat atau lemah, beradab atau biadab sepenuhnya ditentukan oleh faktorfaktor yang mempengaruhi dalam perjalanan hidup orang tersebut. Dalam hal ini pendidikan sangat besar peranannya dalam pembinaan akhlak, akhlak dapat dibentuk dengan usaha-usaha yang sistematis dan berencana, sehingga dapat terbentuknya akhlak yang sesuai dengan harapan. Penelitian ini menelaah peran panti asuhan yatim putri Aisyiyah Surakarta dalam upaya pembinaan akhlak anak asuh tahun 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa bentuk-bentuk pembinaan akhlak yang dilakukan panti asuhan yatim putri Aisyiyah terhadap anak asuhnya serta apa faktor pendukung dan penghambat upaya pembinaan akhlak anak asuh di panti asuhan yatim putri Aisyiyah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif yaitu terdiri dari tiga alur kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa peran panti asuhan yatim putri Aisyiyah Surakarta secara umum dapat terlihat dari berbagai program kegiatan yang diselenggarakan. Program kegiatan lebih banyak dititik beratkan pada pembinaan yang meliputi pembinaan keagamaan dan pembinaan ketrampilan. Adapun pembinaan keagamaannya yaitu: kajian keislaman, shalat fardlu berjama’ah, membaca Al-Qur’an dan hafalan juz ‘amma, puasa Senin Kamis, dan menutup aurat. Sedangkan pembinaan ketrampilan meliputi: memasak dan tapak suci. Adapun faktor yang mendukung peran panti asuhan yatim putri Aisyiyah Surakarta antara lain (1) Tersedianya tempat atau asrama, (2) Adanya pengasuh dan anak asuh, (3) Tersedianya dana yang cukup memadai, (4) Materi Kajian Keislaman, (5) Pembinaan keislaman. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: (1) Berbedanya latar belakang kehidupan anak asuh, (2) Pengaruh dari lingkungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Panti asuhan yatim putri Aisyiyah Surakarta, pembinaan akhlak anak asuh, dan anak asuh panti asuhan yatim putri Aisyiyah Surakarta.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2013 06:37
Last Modified: 29 Oct 2021 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25854

Actions (login required)

View Item View Item