Hubungan Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun 2013

Prahmawati, Hemy and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Darojat Ariyanto, M.Ag (2013) Hubungan Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jejaring sosial telah berkembang pada masa ini, salah satu yang paling populer saat ini adalah facebook. Facebook banyak diminati karena kemudahan kemudahan fitur yang dimilikinya. Sehingga dari anak-anak sampai dewasa tak jarang yang menguasai pengoperasian jejaring sosial facebook. Siswa SMP Al-Islam 1 Surakarta termasuk yang tanggap teknologi, sehingga sebagian besar dari siswanya telah menguasai facebook. SMP Al-Islam 1 Surakarta merupakan sekolah yang berbasis keislaman sehingga menekankan penanaman akhlakul karimah kepada anak didiknya. Maka dalam hal ini penulis akan meneliti hubungan intensitas penggunaan facebook dengan akhlak kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun 2013. Dari latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah adakah hubungan intensitas penggunaan facebook dengan akhlak siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun 2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan facebook dengan akhlak siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun 2013. Manfaat penelitian ini secara teoritis sebagai bahan pengalaman bagi penulis dalam penyusunan karya tulis, menjadi referensi bagi penelitian lain yang berhubungan dengan masalah jejaring sosial, sedangkan manfaat praktis diharapkan dapat memberikan informasi bagi sekolah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan peranannya untuk membina akhlak siswa. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Metode penentuan subyek menggunakan populasi dan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta yang menggunakan facebook yaitu 214 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 22 siswa. Metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan analisis statistik dengan teknik korelasi Spearman Rank dengan rumus sebagai berikut: Dari hasil penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa adanya hubungan negatif antara intensitas penggunaan facebook dengan akhlak siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun 2013. Berdasarkan analisis data yang diperoleh yaitu nilai ρhitung -0,459 dan harga ρ tabel 0,428 (0,459>0,428). Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara intensitas penggunaan facebook dengan akhlak siswa. Maknanya semakin intens penggunaan facebook semakin rendah akhlak siswa, atau sebaliknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: intensitas penggunaan facebook, akhlak.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2013 06:17
Last Modified: 29 Oct 2021 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25849

Actions (login required)

View Item View Item