Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sdm Guru Dan Karyawan Di Sdit Hidayaturrahman Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011

Muslim, Khoirul and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2013) Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sdm Guru Dan Karyawan Di Sdit Hidayaturrahman Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (775kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (277kB)

Abstract

Mengelola, mengurus atau memanaj pendidikan bukanlah pekerjaan yang mudah, terbukti di lapangan banyak sekolah yang tidak dapat maju dan berkembang, meskipun diakui juga banyak sekolah yang maju dan berkembang, bahkan menjadi sekolah favorit yang menjadi idaman seluruh masyarakat. Oleh karena itu, apabila ingin mengembangkan sekolah atau lembaga pendidikan tentu perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah memahami bagaimana cara mengelolanya atau manajemennya, karena dengan manajemen yang baik akan menghasilkan sebuah hasil usaha yang maksimal sesuai tujuan yang diharapkan, sebagaimana telah dilakukan oleh SDIT Hidayaturrahman Masaran Sragen. Kepala Sekolah selaku pimpinan sebuah lembaga pendidikan harus mampu mengolah dan memanaj segala sumber daya yang ada, termasuk salah satunya adalah sumber daya manusia (SDM). Maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh bagaimana SDM di dalamnya dimanaj. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan SDM guru dan karyawan di SDIT Hidayaturrahman Masaran Sragen pada tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan SDM Guru dan karyawan di SDIT Hidayaturrahman Masaran Sragen. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala SDIT Hidayaturrahman Masaran Sragen. Data-data penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh di lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, sehingga data yang diperoleh selama penelitian dapat disusun dan langsung ditafsirkan untuk menyusun kesimpulan penelitian. Ada beberapa hal yang ditemukan di lapangan berkaitan dengan penelitian ini. Seperti manajemen dilaksanakan melaui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan kepala SDIT Hidayaturrahman Masaran Sragen masih kurang mencakup seluruh bidang manajemen, terutama bidang keuangan. Pelaksanaan kegiatan peningkatan SDM berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan tanpa perencanaan terlebih dahulu. Pengawasan kegiatan peningkatan SDM dilaksanakan di tiga waktu, yaitu pengawasan pendahuluan, pada saat kerja dan feed back. Evaluasi dilaksanakan dengan baik oleh kepala SDIT Hidayaturrahman, terutama dengan adanya grafik kinerja guru, cheklis dan LPJ kegiatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, kepemimpinan, sumber daya manusia (SDM)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 06:02
Last Modified: 29 Oct 2021 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25848

Actions (login required)

View Item View Item