Upaya Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Man 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Hamdana, Rosyid and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. M. Darojat Ariyanto, M.Ag (2013) Upaya Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Man 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (597kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
2._BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (BAB II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (BAB III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (BAB IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (BAB V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (141kB)

Abstract

Bimbingan dan konseling di sekolah merupakan bagian yang tidak dapat diabaikan dalam proses pendidikan. Terutama bila dilihat dari keadaan dewasa ini yang menunjukkan betapa pentingnya bimbingan dan konseling di sekolah yaitu dalam hal memotivasi belajar siswa dan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh siswa. Rumusan masalah ini adalah bagaimana upaya Bimbingan dan Konseling untuk yang meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MAN 1 Boyolali dan apa saja yang menjadi faktor pendorong dan penghambat dalam upaya Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di MAN 1 Boyolali. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) mengetahui kesulitankesulitan yang dihadapi BK dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X, (2) menambah wawasan mengenai pendidikan terutama cara-cara mengatasi kesulitan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian siswa kelas X ( tidak hanya siswa yang memiliki kesulitan dan masalah). Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan guru BK, wali kelas dan siswa, selain itu juga menggunakan metode observasi guna mengambil data melalui sejumlah sumber-sumber agar pengambilan datanya bisa sistematis, selain metode tersebut, juga menggunakan metode dokumentasi untuk mendapatkan data tentang gambaran umum MAN 1 Boyolali. Adapun penelitianini dalam menganalisis upaya bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X dengan induktif dan deduktif agar mengetahui perbedaan antara siswa sebelum mendapat bimbingan dan konseling dan setelah mendapat bimbingan dan konseling. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pelaksanaan bimbingan dan konseling di MAN 1 Boyolali dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X melalui bimbingan individu yang bekerjasama dengan wali kelas, guru MAPEL dan wali murid. (2) Upaya bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan bimbingan dan konseling dalam menangani masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa dalam hal motivasi belajar. Misalkan, menurunnya motivasi belajar siswa kelas X yang di akibatkan karena siswa yang berasal dari sekolah umum belum bisa menyesuaikan diri terha dap MAPEL yang berbasis agama. Karena adanya permasalahan tersebut, maka bimbingan dan konseling memberikan arahan, serta motivasi belajar dengan cara pendekatan pribadi terhadap siswa yang bermasalah tersebut sampai siswa tersebut bisa menyesuaikan dirinya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling, motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 05:41
Last Modified: 29 Oct 2021 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25844

Actions (login required)

View Item View Item