Hubungan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI Di SMA N 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Riyadi, Thohir and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. and , Drs. Arif Wibowo, M.Ag. (2013) Hubungan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI Di SMA N 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (268kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (519kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat berperan dalam berbagai lingkungan hidup di masa depan. Sebagai benteng pertahanan diri anak dalam menghadapi berbagai tantangan, maka perlu menanamkan pendidikan agama yang kuat dalam diri anak. Dengan pendidikan agama, pola hidup anak akan terkontrol oleh rambu-rambu yang telah digariskan agama dan dapat menyelamatkan anak agar tidak terjerumus dalam jurang kerusakan moral. Penulis tertarik untuk meneliti tentang Hubungan Pemahaman Pendidikan Agama Islam dan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI SMA N 3 Sukoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan pemahaman pendidikan agama islam terhadap perilaku kegamaan anak didik kelas XI di SMA N 3 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 3 di SMA N 3 Sukoharjo, yang diambil dengan teknik random sampling. Obyek penelitian sebanyak 40 siswa diberi 50 soal angket yang terdiri dari 25 soal pertanyaan mengenai hubungan pemahaman PAI dan 25 soal pertanyaan tentang perilaku kegamaan yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara PAI dengan perilaku kegamaan siswa, yang dibuktikan dari hasil pengolahan data dan analisis data dengan taraf signifikan 5% diketahui = 0,643 > = 0,329. Adanya korelasi yang signifikan antara Pemahaman pendidikan agama islam dengan perilaku kegamaan siswa kelas XI SMA N 3 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, diharapkan dapat dijadikan pedoman dasar dari proses awal suatu bentuk kepedulian kepada siswa dalam menciptakan kualitas akhlak yang dipengaruhi oleh Pemahaman pendidikan agama islam setiap individu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Pendidikan Agama Islam, Perilaku Kegamaan,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 16:11
Last Modified: 29 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25842

Actions (login required)

View Item View Item