Peranan Guru Dalam Pendidikan Karakter Di SMP Al-Islam 1 Surakarta

Oktaviani, Vivi and , Drs. Syamsul Hidayat, M. Ag and , Drs. M. Darojat Ariyanto, M.Ag (2013) Peranan Guru Dalam Pendidikan Karakter Di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (445kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah istilah yang semakin hari semakin mendapatkan pengakuan dari masyarakat Indonesia saat ini. Terlebih dengan dirasakannya berbagai ketimpangan hasil pendidikan yang dilihat dari perilaku lulusan pendidikan formal saat ini, semisal korupsi, perkembangan seks bebas pada kalangan remaja, narkoba, tawuran, pembunuhan, perampokan oleh pelajar, dan pengangguran lulusan sekolah menengah ke atas. Dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang sangat penting. Guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya, dan bermoral. Secara makro pengembangan karakter dibagi menjadi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil. Dalam ranah mikro sekolah sebagai leading sector berupaya memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar yang ada untuk inisiasi, memperbaiki, menguatkan, dan menyempurnakan secara terus menerus proses pendidikan karakter di sekolah. Dari latar belakang tersebut maka penulis dapat merumuskan masalahnya yaitu bagaimana peranan guru dalam proses pendidikan karakter pada ranah makro dan mikro di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Manfaat penelitian ini yaitu menambah wawasan tentang pentingnya pendidikan karakter. Bagi guru, dapat menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas diri terutama dalam masalah akhlak sehingga selalu menjadi teladan bagi siswanya. Bagi sekolah, dapat menjadi bahan masukan dalam meningkatkan pembinaan kepada guru-gurunya terutama dalam masalah akhlak. Bagi penulis, dapat menjadi bahan evaluasi diri karena kelak akan menjadi guru agar senantiasa memperbaiki akhlak. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru aqidah akhlak, guru PKn, guru BK, guru IPS Geografi, dan guru IPA Biologi. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru di SMP Al Islam 1 Surakarta sudah melakukan pendidikan karakter dalam lingkup makro dan mikro. Nilai pendidikan karakter di SMP Al-Islam 1 Surakarta yang sudah berjalan dengan baik diantaranya nilai religius, berpikir logis, kritis dan inovatif, ingin tahu, serta santun. Nilai pendidikan karakter yang cukup berjalan dengan baik diantaranya nilai tanggung jawab, mandiri, dan menghargai keberagaman. Nilai pendidikan karakter yang belum berjalan dengan baik diantaranya nilai jujur, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, cinta ilmu, patuh pada peraturan-peraturan sosial, menghargai karya dan prestasi orang lain. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru di SMP Al-Islam 1 Surakarta sudah melakukan pendidikan karakter dalam ranah makro dan mikro.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peranan guru, pendidikan karakter.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 15:42
Last Modified: 29 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25841

Actions (login required)

View Item View Item