Studi Pelembagaan Pendidikan Nonformal Majlis Tafsir Al-Qur’an Ke Pendidikan Formal (SMP MTA Gemolong)

Hamidah, Umi and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Studi Pelembagaan Pendidikan Nonformal Majlis Tafsir Al-Qur’an Ke Pendidikan Formal (SMP MTA Gemolong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
FILE_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (595kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
FILE_BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
FILE_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
FILE_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] PDF (Bab IV)
FILE_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
FILE_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
FILE_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
FILE_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
FILE_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (404kB)

Abstract

Pendidikan Islam pada dasarnya sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan seseorang untuk memimpin kehidupan sesuai dengan cita-cita Islam, karena nilai-nilai Islam telah menjiwai dan mewarnai kepribadiannya mempunyai falsafah dasar, tujuan dan prinsip-prinsipnya dalam melaksanakan pendidikan didasarkan atas nilai-nilai dasar Islam yang terkandung dalam al-Qur‟an dan al-Hadist. Tujuan pendidikan islam terletak pembentukan akhlak yang mulia atau pun pembentukan moral yang tinggi merupakan tujuan utama dari pendidikan Islam. Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui proses pelembagaan pendidikan nonformal Majlis Tafsi Al-Qur‟an ke pendidikan formal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Metode pengumpulan datanya melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu setelah data yang diperlukan terkumpul kemudian disusun dan diklasifikasikan, selanjutnya dianalisa dan diinterpretasikan dengan kata-kata sedemikian rupa untuk menggambarkan subyek penelitian saat dilakukan penelitian, kemudian dapat diambil kesimpulan yang sistematis dan relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan Majlis Tafsir Al-Qur‟an (MTA) merupakan lembaga dakwah yang menyelenggarakan berbagai kegiatan nonformal atau pun formal. Salah satu kegiatan terlembaga yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah pendidikan yang diselenggarakan berdasarkan nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu, pada perkembangannya, MTA mendirikan pendidikan formal seperti SMP MTA Gemolong pada tahun 1993 yang dirintis oleh Yayasan MTA. SMP MTA Gemolong merupakan sekolah umum bernuansa Islam yang mempunyai dasar filosofis pendidikan dan pengajaran diarahkan pada pembentukan manusia seutuhnya berdasarkan nilai-nilai agama Islam yang bersumber pada Al Qur‟an dan Sunah Rasul serta dasar negara Pancasila dan UUD 1945. Tujuan didirikan sekolah tersebut sebagai wujud peran aktif dalam ikut serta mensukseskan program wajar 9 tahun yang ditetapkan oleh pemerintah dan untuk mempersiapkan sejak dini agar anak didik tidak mengalami hambatan-hambatan perlu diselenggarakan pembinaan atau pendidikan di tingkat sebelumnya. Selain itu, juga untuk mendidik dan mengajar siswa agar mempunyai kepribadian yang dilandasi iman dan taqwa serta diwujudkan dalam amal shalih dan akhlaqul karimah berdasarkan nilai-nilai Islami, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa agar mampu berfikir, bernalar, peka terhadap lingkungan, berjiwa merdeka, demokratis dan kreatif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pendidikan Islam, Nonformal, Formal.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 14:46
Last Modified: 29 Oct 2021 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25839

Actions (login required)

View Item View Item