Peran Baitul Arqom Dalam Menanamkan Fondasi Karakter Islam (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2012/2013)

Santoso, Budi (2013) Peran Baitul Arqom Dalam Menanamkan Fondasi Karakter Islam (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (682kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karakter merupakan sifat dasar yang ada dalam diri setiapindividu. Setiap manusia diberikan kelebihan oleh Allah berupa akal dan bimbingan agama, menjadikan manusia menjadi makhluk Allah paling sempurna. Dalam dunia pendidikan khususnya di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta, tidak terlepas dari berbagai masalah karakter, seperti kurangnya kesadaran dalam menumbuhkan sikap jujur, disiplin, sederhana dalam berpenampilan, masih banyak mahasiswa yang jarang sholat berjama’ah dan membaca Al Qur’an. Hal ini terjadi dikarenakan lemahnya fondasi karakter Islami yang tertanam dalam diri mahasiswa, baik dari aspek aqidah, ibadah, dan akhlak.. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah peran Baitul Arqom dalam menanamkan fondasi karakter Islam mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS tahun 2012/2013, beserta faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan fondasi karakter Islam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran Baitul Arqom dalam menanamkan fondasi karakter Islam mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS tahun 2012/2013 beserta faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan fondasi karakter Islam. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yaitu untuk menambah khazanah khususnya dalam masalah pendidikan karakter, dan strategi menanamkan fondasi karakter Islam. Sedangkan manfaat praktisnya yaitu memberikan sumbangsih bagi pengurus atau pengelola Baitul Arqom dalam meningkatkan pelayanan dan bimbingan dalam menanamkan fondasi karakter Islam mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa: Baitul Arqom mempunyai peran dalam memberikan pembinaan dan pembimbingan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam memperkuat fondasi karakter Islam, baik dalam bidang Aqidah, Akhlak, dan Ibadah. Ketiganya merupakan fondasi utama dalam membentuk mahasiswa yang berkarakter Islami. Faktor pendukung pembentukan karakter Mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis diantaranya, (1) pembiasaan dan keteladanan dari pengelola Baitul Arqom dalam membimbing, dan mengarahkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, (2) lingkungan pendidikan Baitul Arqom yang kondusif, (3) pendidikan yang inovatif dan kreatif ditunjang dengan pembimbingan yang intensif dari pengelola Baitul Arqom, sedangkan yang menjadi faktor penghambat pembentukan karakter yaitu kurangnya kesadaran atau kemauan untuk mengikuti Baitul Arqom dengan tujuan menambah ilmu pengetahuan keagamaan dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Baitul Arqom, Pendidikan Karakter Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 14:08
Last Modified: 13 Sep 2013 14:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25838

Actions (login required)

View Item View Item