Peran Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Periode 2010-2015 Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Di Masyarakat Makamhaji Tahun 2012/2013

Ammah, Fitrotul and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Dr. Imron Rosyadi M.Ag (2013) Peran Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Periode 2010-2015 Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Di Masyarakat Makamhaji Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_depan.pdf

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._Bab_I.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang peran Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji dalam meningkatkan pendidikan Islam di masyarakat Makamhaji. Adapun rumusan masalahnya adalah apa bentuk peran Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji dalam meningkatkan pendidikan Islam di masyarakat Makamhaji beserta faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dalam meningkatkan pendidikan Islam di masyarakat Makamhaji. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk peran Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji dalam meningkatkan Pendidikan Islam di Masyarakat beserta faktor pendukung dan pengahambat yang dihadapi. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yaitu untuk menambah khazanah keilmuan khususnya dalam bidang pendidikan Islam dan manfaat praktis dapat memberikan masukan bagi pengurus Ranting ‘Aisyiyah Makam Haji Kartasuro Sukoharjo dan sebagai rujukan bagi peneliti selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa bentuk peran yang dilakukan Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji dalam meningkatkan pendidikan Islam di masyarakat Makamhaji berupa pendidikan Islam formal, pendidikan Islam nonformal, dan pendidikan Islam informal. Dalam pendidikan Islam formal Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji mendirikan amal usaha TK ABA Makamhaji 1 TK ABA Makamhaji 2 dan Free School Intan Permata. Adapun pendidikan Islam nonformal Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji mendirikan amal usaha Play Group Intan Permata, TPAB Intan Permata dan TPQ Intan Permata. Pendidikan Islam informal Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji mendirikan amal usaha pembinaan keluarga sakinah, pengajian setiap tanggal 9 dan pengajian di setiap masing-masing sub Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji. Faktor yang mendukung dalam meningkatkan pendidikan Islam di masyarakat Makamhaji adalah semangat dan kegigihan pengurus dan letak geografis Ranting ‘Aisyiyah Makamhaji. Adapun faktor yang menghambat dalam meningkatkan pendidikan Islam adalah kesibukan pengurus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ranting ‘Aisyiyah, Pendidikan Islam dan Masyarakat Makamhaji.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 13:04
Last Modified: 29 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25835

Actions (login required)

View Item View Item