Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013)

Ratna Sari, Fatrias and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (714kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fatrias Ratna Sari, G000090203, Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas SDM (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013), Program Studi Pendidikan Agama Islam,Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Tahun 2013 Peran kepala sekolah adalah peran yang sangat strategis, karena kepala sekolah memimpin staf guru maupun karyawan. Selain itu kepala sekolah harus menerapkan manajemen yang baik kepada siswa yang menjadi tanggung jawabnya. Supaya sumber daya manusia sekolah yang terdiri dari guru-guru dan para karyawan dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Dalam rangka meningkatkan prestasi sekolah, maka kepala sekolah dituntut untuk dapat mengelola dan mengatur mereka dengan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kapasitas intelektual maupun peningkatan skill. Tujuan penelitian peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM di SMP Muhammadiyah 1 Klaten yaitu untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan SDM di SMP Muhammadiyah 1 Klaten dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM di SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM di SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2012/2013 dan apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat bagi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM di SMP Muhammadiyah 1 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan karyawan. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah peran kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Klaten terbukti sangat efektif danprofesional dengan tipe kepemimpinan demokratisnya. Pembinaan terhadap guru seperti mengikutsertakan guru workshop, diklat, seminar, MGMP, sertifikasi, mengadakan pengajian tarjih dan memberikan dorongan untuk melanjutkan S2. Sedangkan pembinaan terhadap karyawan seperti pelatihan ketrampilan komputer, perpustakaan dan bahasa Inggris, menerapkan disiplin kerja dan waktu, mengadakan piket, mengadakan pengajian tarjih. Faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana lengkap, letak sekolah yang strategis, gurunya rata-rata sudah S1 dan karyawan sudah berkompetensi sesuai dengan bidangnya, dan kepala sekolah selalu menerapkan supervisi terhadap kinerja bawahannya. Adapun faktor penghambatnya adalah antusiasme masyarakat masih kurang, masih ada 2 guru yang belum S1, ketrampilan karyawan dalam hal ilmu teknologi dan keterlambatan siswa dalammembayar SPP.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Peningkatan SDM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 07:41
Last Modified: 28 Oct 2021 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25823

Actions (login required)

View Item View Item