Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Al-Qur’an Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X/4 Sma Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Yuliastuti, Evi and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Al-Qur’an Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X/4 Sma Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (599kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di sekolah selama ini masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru yang dianggap sebagai sumber utama pengetahuan, kebanyakan guru mengunakan ceramah sebagai pilihan utama dalam menentukan strategi belajar, pengetahuan awal siswa sering diabaikan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan agar proses pembelajaran lebih efektif dan efisien adalah dengan penerapan suatu metode dalam pembelajaran di kelas yaitu dengan pembelajaran Tutor Sebaya. Permasalahan yang akan dikaji dalam Skripsi ini adalah tentang adakah peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi al-Qur’an dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya pada siswa kelas X/4 SMA Negeri I Ngemplak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar PAI melalui model pembelajaran Tutor Sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X/4 SMA Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa sebelum penerapan tutor sebaya masih kurang, hal itu dapat dilihat dari kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dari guru, dan rendahnya minat dalam belajar. Setelah diterapkannya tutor sebaya motivasi belajar siswa sudah lebih baik. Hal ini dapat dilihat bahwa kegiatan kelompok tidak didominasi oleh siswa yang aktif saja, tetapi siswa yang pasif pun sudah dapat aktif dalam kelompok dengan baik, juga makin banyak siswa yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru dengan antusias. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar PAI dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran Tutor Sebaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 05:46
Last Modified: 29 Oct 2021 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25810

Actions (login required)

View Item View Item