Klausula Eksonerasi Dan Konsumen Studi Tentang Kekuatan Mengikat Klausula Baku Dalam Perjanjian Pengangkutan Barang Di Wilayah Surakarta

Putra, Hendra Setyadi Kurnia and , Wardiono, S.H., M.Hum. and , Inayah, S.H., M.H. (2013) Klausula Eksonerasi Dan Konsumen Studi Tentang Kekuatan Mengikat Klausula Baku Dalam Perjanjian Pengangkutan Barang Di Wilayah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji kekuatan mengikat dan perlindungan yang diberikan kepada konsumen terhadap klausulklausul baku yang mengandung eksonerasi dalam dokumen perjanjian pengangkutan barang di wilayah Surakarta. Penelitian hukum ini termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini menggunakan data sekunder dari sumber data yang mencakup bahan hukum primer, sekundr dan tersier. Data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik studi pustaka. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode deduksi yang dilakukan dengan menggunakan interpretasi sistematis. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa semua dokumen perjanjian pengangkutan barang di Surakarta mempunyai kekuatan mengikat berdasarkan syarat-syarat dokumen perjanjian yang ditandatangani dan yang tidak ditandatangani. Setelah dilakukan pengujian kembali nerdasarkan pasal 1321, pasal 1338 ayat (3) dan pasal 1337 KUH Perdata terdapat klausul eksonerasi yang tidak mengikat maka konsumen mendapat perlindungan, sedangkan yang mengikat maka konsumen tidak memperoleh perlindungan hukum. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi konsumen dan pemerintah tentang masalah pencantuman klausul baku yang mengandung eksonerasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Klausul Baku, Eksonerasi dan Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 11:50
Last Modified: 27 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25802

Actions (login required)

View Item View Item