Studi Komparasi Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan Pembelian Kendaraan Bermotor Di PT. Adira Finance (Secara Konvensional) Dengan Perjanjian Pembiayaan Di BMT Surya Ummat Klaten (Secara Syariah)

Susanti, Dwi and , Septarina Budiwati, S.H., M.H. and , Mutimatun Ni’ami, S.H., M.Hum. (2013) Studi Komparasi Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan Pembelian Kendaraan Bermotor Di PT. Adira Finance (Secara Konvensional) Dengan Perjanjian Pembiayaan Di BMT Surya Ummat Klaten (Secara Syariah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (282kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (330kB)

Abstract

Melihat berbagai kelemahan yang terdapat pada lembaga keuangan bank dalam menyalurkan kebutuhan dana, maka muncul lembaga keuangan bukan bank, lembaga ini dikenal dikenal sebagai “lembaga pembiayaan” yang menawarkan jenis-jenis pembiayaan dan penyaluran dana bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Salah satu lembaga pembiayaan bukan bank tersebut adalah lembaga pembiayaan dengan prinsip konvensional yaitu PT. Adira Finance. PT. Adira Finance dimana mereka menyediakan produk inovatif dan kreatif yang secara langsung memudahkan konsumen dalam pembiayaan seperti pembiayaan kredit sepeda bermotor. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan perjanjian pembiayaan pembelian kendaraan bermotor dengan menggunakan sistem konvensional di PT. Adira Finance dan dengan sistem syariah di BMT Surya Ummat Klaten, apakah perbedaan dan persamaannya serta permasalahan apa saja yang muncul dalam pelaksanaan perjanjian pembiayaan tersebut. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan persamaan dalam pembiayaan kedua lembaga tersebut, mengetahui bagaimana pelaksanaannya serta permasalahan apa yang muncul dalam pembiayaan ini. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan maupun studi pustaka pada dasarnya merupakan data tataran yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan perjanjian antar kedua lembaga tersebut adalah apabila BPKB kendaraan motor tersebut sebagai barang jaminan hingga debitur melunasi seluruh kewajibannya terhadap kedua lembaga pembiayaan ini. Dari segi persamaan bahwa kedua lembaga tersebut dalam permohonan pembiayaan melalui tahapan permohonan, pengumpulan data, analisa pembiayaan, serta persetujuan pembiayaan sedangkan perbedaannya adalah pada sumber hukum yang mengatur pembiayaan,yaitu pada pembiayaan secara konvensional bersumber pada hukum positif sedangkan secara syariah bersumber baik pada hukum positif dan hukum Islam. Permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan perjanjian adalah debitur lalai atau tidak membayar angsuran yang telah diperjanjikan padahal telah melewati jatuh tempo, obyek perjanjian telah berpindah tangan pada orang lain tanpa sepengetahuan pihak perusahaan pembiayaan dan obyek perjanjian telah hilang atau musnah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan, PT. Adira Finance, BMT Surya Ummat Klaten
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 11:25
Last Modified: 27 Oct 2021 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25799

Actions (login required)

View Item View Item