Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Earnings Management Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Publik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

NUR ROHMAH, FAIZA (2013) Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Earnings Management Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Publik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._COVER_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (501kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan dan pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan yang dimoderasi oleh earnings management. Corporate governance di ukur dengan komposisi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris, komite audit, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan CFROA (cash flow return on assets) sedangkan earnings management diukur DAit (discretionary accruals). Data yang digunakan adalah data annual report yang dipublikasikan di situs resmi BEI yaitu www.idx.co.id dan situs masing-masing perusahaan sampel dari tahun 2009-2011. Metode dalam penelitian yang dilakukan merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan uji regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komposisi dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, (2) ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, (3) komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, (4) kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, (5) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, (6) komposisi dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang dimoderasi oleh earnings management, (7) ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang dimoderasi oleh earnings management, (8) komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang dimoderasi oleh earnings management, (9) kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang dimoderasi oleh earnings management, (10) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang dimoderasi oleh earnings management.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, Kinerja Keuangan Perusahaan, Earnings Management
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 11:07
Last Modified: 12 Sep 2013 11:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25795

Actions (login required)

View Item View Item