Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011

RUMBIAK, PARES (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang pengaruh faktor-faktor perusahaan yang diproksi dalam leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial, nilai pasar terhadap nilai buku dan perubahan return terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia tahun 2009-2011. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 40 perusahaan tiap tahunnya. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Penggunaan metode analisis regresi berganda dalam pengujian hipotesis harus memenuhi asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa hanya variabel profitabilitas dan perubahan return yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (α) yaitu sebesar 0,001 dan 0,029. Sedangkan untuk variabel leverage, ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial, nilai pasar terhadap nilai buku tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan karena nilai signifikansi t > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab sosial, leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial, nilai pasar terhadap nilai buku dan perubahan return.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2013 10:50
Last Modified: 12 Sep 2013 13:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25791

Actions (login required)

View Item View Item