analisi Perhitungan Harga Pokok Produksi Blankon Dengan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada UKM Kaswanto Kampung Potrojayan, Serengan, Surakarta)

Hastuti, Fitriana Mardi and , Yuli Tri Cahyono, M.M.,Akt, CA (2013) analisi Perhitungan Harga Pokok Produksi Blankon Dengan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada UKM Kaswanto Kampung Potrojayan, Serengan, Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (745kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana pengalokasian dan penghitungan harga pokok produksi blangkon dengan metode UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dan metode full costing. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara secara langsung dengan pemilik UKM. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan microsoft excell. Metode analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif komparatif yang bertujuan untuk mengumpulkan, menyusun, membandingkan, menganalisis dan menginterpretasikan HPP yang diperoleh dengan metode UKM dan HPP yang diperoleh dengan metode full costing. Hasil penelitian mengenai penghitungan harga pokok produksi blangkon, diperoleh dua nilai yaitu penghitungan HPP dengan metode UKM dan metode full costing. Untuk metode UKM diperoleh harga pokok produksi Rp 8.136,50 untuk blangkon ukuran anak-anak, Rp 10.670,50 blangkon ukuran anak-anak halus, Rp 12.424,00 blangkon ukuran dewasa dan Rp 17.873,00 untuk blangkon ukuran dewasa halus.. Harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing adalah Rp 8.382,68 untuk ukuran anak-anak, Rp 11.892,67 ukuran anak-anak halus, Rp 13.147,67 ukuran dewasa dan Rp 18.980,15 untuk blangkon ukuran dewasa halus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penghitungan harga pokok produksi sebagai dasar penetapan harga jual menurut metode full costing lebih baik dalam menganalisis biaya produksi daripada penghitungan harga pokok produksi dengan metode UKM. Hal ini disebabkan penghitungan dengan metode full costing lebih akurat karena dalam penghitungannya membebankan biaya overhead pabrik lebih tepat termasuk pembebanan biaya penyusutan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: blangkon, harga pokok produksi, metode UKM, metode full costing.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2013 11:00
Last Modified: 17 Nov 2021 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25782

Actions (login required)

View Item View Item