Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD): Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Study Empiris pada kabupaten Sragen)

Kinasih, Ika and , Drs. Eko Sugiyanto, M.Si (2013) Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD): Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Study Empiris pada kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (675kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh terhadap pengawasan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan mengetahui sejauh mana komitmen organisasi mempengaruhi hubungan antara pengetahuan dewan tentang anggaran dan pengawasan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan dewan tentang anggaran. Varibel dependennya adalah pengawasan dewan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Variabel moderating dalam penelitian ini adalah komitmen organisasi. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode survey. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (Adjusted R 2). Populasi dalam penelitian ini adalah anggota DPRD Kota Sragen. Sementara sampel penelitian adalah 45 anggota DPRD Kota Sragen dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil pengujian hipotesis pertama (H1) pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan dewan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah diperoleh nilai thitung sebesar 4,191 dan p-value sebesar 0,000. Karena nilai p < 0,05, maka H1 diterima artinya pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh signifikan terhadap pengawasan dewan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah DPRD Kabupaten Sragen. Pengujian hipotesis kedua (H2) pengaruh komitmen organisasi terhadap pengawasan dewan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Diperoleh nilai thitung sebesar 1,929 dan p-value sebesar 0,061. Karena nilai P > 0,05, maka H2 tidak diterima artinya komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengawasan dewan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah. Pengujian hipotesis kedua (H3) pengaruh komitmen organisasi terhadap hubungan pengetahuan dewan tentang anggaran dan pengawasan dewan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung untuk interaksi PDTA*KO sebesar -2,131 dan p-value sebesar 0,039. Karena p < 0,05, maka H3 diterima pada taraf signifikansi 5%; artinya komitmen organisasi berpengaruh terhadap hubungan pengetahuan dewan tentang anggaran dan pengawasan dewan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DPRD Kabupaten Sragen

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pengawasan, komitmenorganisasi, APBD
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2013 07:36
Last Modified: 17 Nov 2021 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25768

Actions (login required)

View Item View Item