Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment ( Study Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang )

Fitriyani, Meyta and , Dra. Rina Trisnawati, Ak, M.Si, Ph.D and , Shinta Permata Sari, S.E., M.M. (2013) Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment ( Study Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya audit judgment untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan atau prinsip akuntansi yang berterima umum serta penerapan standar atau prinsip tersebut secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender, tekanan ketaatan, kompleksitas tugas, dan pengalaman auditor terhadap audit judgment pada Kantor Akuntan Publik di Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuestioner. Polpulasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekrja pada Kantor Akuntan Publik di Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 responden yang diambil teknik convinience sampling. Teknik analisis data digunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Gender berpengaruh terhadap audit judgment. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t yang mana menunjukan nilai thitung (-2,632) lebih kecil daripada ttabel (-1,687) dengan nilai signifikansi 0,013 < α= 0,05 oleh karena itu H1 terdukung secara statistik. (2) Tekanan Ketaatan berpengaruh terhadap audit judgment Hal ini ditunjukan dari hasil uji t, yang mana menunjukan nilai thitung (-3,194) lebih kecil dari ttabel (-1,687) dengan nilai signifikansi 0,003 < α= 0,05 oleh karena itu H2 terdukung secara statistik. (3) Kompleksitas tugas berpengaruh terhadap audit judgment. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t, yang mana menunjukan nilai thitung (-2811) lebih kecil dari ttabel (-1,687) dengan nilai signifikansi 0,008 < α= 0,05 oleh karena itu H3 terdukung secara statistik. (4) Pengalaman auditor tidak berpengaruh terhadap audit judgment. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t, yang mana menunjukan nilai thitung (-1024) lebih besar dari ttabel (-1,687) dengan nilai signifikansi 0,313 > α= 0,05 oleh karena itu H4 tidak terdukung secara statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gender, tekanan ketaatan, kompleksitas tugas, pengalaman auditor, audit judgment
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2013 06:36
Last Modified: 17 Nov 2021 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25764

Actions (login required)

View Item View Item