Analisis Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Kusumaningrum, Dian Ambar and , Drs. Muhammad Abdul Aris, M.Si (2013) Analisis Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_Print.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_Print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Vav III)
BAB_III_Print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_Print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_Print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mencari bukti empiris tentang pengaruh empat variabel independen yaitu keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi untuk kemajuan perusahaan dan investor sebagai penilaian terhadap suatu prospek perusahaan di masa yang akan datang. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data dokumenter. Menurut sumber data, penelitian ini menggunakan data sekunder. Data sekunder ini berasal dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dari penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengujian data dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji F, koefisien determinasi, dan uji t. Dengan signifikansi 5% diperoleh hasil perhitungan Fhitung = 698,237 dengan p = 0,000 < 0,05 hal ini berarti bahwa pemilihan variabel keputusan investasi (KI), keputusan pendanaan (KP), kebijakan dividen (KD), dan profitabilitas (PR) sebagai prediktor nilai perusahaan (FV) manufaktur di Bursa Efek Indonesia sudah tepat (model fit). Nilai koefisien determinasi (Adj R2) sebesar 0,961 hal ini berarti bahwa variabel keputusan inventasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, dan profitabilitas memberikan sumbangan sebesar 96,1% terhadap nilai perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2010, sedangkan sisanya sebesar 3,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian. Hasil dari uji hipotesis (uji t) bahwa keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, dan profitabilitas terbukti berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2013 05:58
Last Modified: 17 Nov 2021 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25762

Actions (login required)

View Item View Item