Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Sebagai Variabel Moderating (Survey di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) Se Karesidenan Surakarta)

Agustina, Dewi (2013) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Sebagai Variabel Moderating (Survey di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) Se Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (204kB)

Abstract

Anggaran merupakan alat perencanaan dan pengendalian dalam pencapaian tujuan organisasi. Perencanaan anggaran akan lebih realistis jika penyusunannya melibatkan bawahan. Keberhasilan pengelolaan suatu organisasi tidak lepas dari faktor kepemimpinan dan sikap bawahan dalam melaksanakan tugas. Partisipasi dalam penyusunan anggaran ini akan meningkatkan motivasi bawahan untuk pencapaian sasaran anggaran. Hal ini karena pencapaian sasaran anggaran merupakan bagian dari penilaian kinerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan gaya kepemimpinan dan motivasi sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di PDAM Se Karesidenan Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 56 responden yang diambil dengan teknik convenience sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Uji validitas menggunakan kolerasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan variabel moderting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai thitung = 9,759 dan p-value sebesar 0,000 diterima pada taraf signifikan 5% (p<0,05); 2) Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Hasil uji t memperoleh nilai thitung untuk hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan gaya kepemimipinan sebesar -3,727 dan p-value sebesar 0,000 diterima pada taraf signifikan 5% (p,0,05); 3) Motivasi berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Hasil uji t memperoleh nilai thitung untuk hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan motivasi sebesar -3,050 dan p-value sebesar 0,004 diterima pada taraf signifikan 5% (p,0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, gaya kepemimpinan, motivasi dan kinerja manajerial
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2013 12:24
Last Modified: 11 Sep 2013 12:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25749

Actions (login required)

View Item View Item