Analisis Pengaruh Belanja Langsung Terhadap Capaian Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten)

Sundari, Retno and , Zulfikar, SE., M.Si (2013) Analisis Pengaruh Belanja Langsung Terhadap Capaian Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh belanja langsung yang terdiri dari belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja modal terhadap capaian kinerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten. Penelitian ini menurut analisis datanya termasuk penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menurut datanya berbentuk angka.Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data sekunder yang tersedia di Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten mulai periode 2011 sampai 2012. Data sekunder berupa laporan realisasi anggaran yang tersedia di Dinas Kesehatan di Kabupaten Klaten. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis non parametrik menggunakan Mann-Whitney dan Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh belanja pegawai terhadap capaian kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten diketahui bahwa besarnya nilai Zhitung adalah -0,327 dengan p = 0,744. Oleh karena hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai p > 0,05, maka H1 ditolak, artinya belanja pegawai tidak berpengaruh signifikan terhadap capaian kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten.Pengaruh belanja barang dan jasa terhadap capaian kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten diketahui bahwa besarnya nilai Zhitung adalah - 1,352 dengan p = 0,176. Oleh karena hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai p > 0,05, maka H2 ditolak, artinya belanja barang dan jasa tidak berpengaruh signifikan terhadap capaian kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten.Pengaruh belanja modal terhadap capaian kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten diketahui bahwa besarnya nilai Zhitung adalah -1,507 dengan p = 0,132. Oleh karena hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai p > 0,05, maka H3 ditolak, artinya belanja modal tidak berpengaruh signifikan terhadap capaian kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten.Pengaruh belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja modal terhadap capaian kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten diketahui bahwa besarnya nilai 2 hitung adalah 2,289 dengan p = 0,318. Oleh karena hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai p > 0,05, maka H4 ditolak, artinya belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja modal tidak berpengaruh signifikan terhadap capaian kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja modal, belanja langsung, capaian kinerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2013 10:52
Last Modified: 01 Nov 2021 12:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25739

Actions (login required)

View Item View Item