Manajemen Laba Sebagai Respon Atas Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Badan Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Hardini, Woro Titis (2013) Manajemen Laba Sebagai Respon Atas Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Badan Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (686kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (586kB)

Abstract

Tarif pajak Badan di Indonesia menjadi tarif tunggal sejak tahun 2009. Dengan diberlakukanya tarif pajak yang baru ini, perusahaan khusussnya yang telah go public akan sangat diuntungkan karena tarif pajak efektif perusahaan akan menjadi lebih kecil. Penelitian ini bermaksud untuk memeperoleh bukti empiris tentang manajemen laba sebagai respon atas perubahan tarif pajak Badan pada perusahaaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian statistical study dengan menggunakan metode explanotory research yang menjelaskan hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis. Data empiris diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public di BEI. Sampel yang diambil adalah 28 perusahaan yang laba dan 14 perusahaan yang mengalami kerugian pada periode tahun 2006- 2010. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan beberapa kriteria. Teknik analisis menggunakan uji beda t-test, uji t, uji F, dan uji koefesien determinasi disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perusahaan yang melakukan manajemen laba atas perubahan tarif pajak Badan hanya perusahaan yang laba; (2) Manajemen laba pada perusahaan yang laba dipengaruhi oleh insentif pajak dan insentif non pajak; (3) Manajemen laba pada perusahaan yang mengalami kerugian hanya dipengaruhi oleh insentif non pajak, dan (4) Manajemen laba pada perusahaan yang laba maupun rugi tidak dipengaruhi oleh kepemilikan manajerial dan presentasi saham yang disetor di BEI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate tax rate changes, earnings management, tax incentives, and non-tax incentives
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2013 06:25
Last Modified: 11 Sep 2013 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25717

Actions (login required)

View Item View Item