Pengaruh Pemberian Static Stretching Terhadap Peningkatan Fleksibilitaslumbal Pada Lanjut Usia Di Desa Guli Kabupaten Boyolali

Novikasari, Nila and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes and , Sahuri Teguh, S.Kep., Ns (2013) Pengaruh Pemberian Static Stretching Terhadap Peningkatan Fleksibilitaslumbal Pada Lanjut Usia Di Desa Guli Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (536kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pada lanjut usia akan menghadapi berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan adalah berkurangnya kemampuan fleksibilitas lumbal. Berkurangnya kemampuan fleksibilitas lumbal menjadikan kemampuan beraktifitas menjadi terbatas, tidak terkecuali pada lanjut usia di Desa Guli Kabupaten Boyolali. Static Stretching adalah salah satu olahraga yang dapat diterapkan bagi lanjut usia untuk membantu meningkatkan fleksibilitas lumbal dengan cara dilakukan secara teratur, tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Pemberian Static Stretching Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Lumbal Pada Lanjut Usia Di Desa Guli Kabupaten Boyolali. Rancangan penelitian dengan menggunakan pre-test and pos-test with control group design. Populasi penelitian adalah semua lanjut usia yang berada di Desa Guli, jumlan lansia di Desa Guli 87 lansia. Sampel diambil sesuai dengan kriteria inklusi. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 60 lansia. Yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 30 sebagai kellompok perlakuan dan 30 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan schober test dengan alat bantu mid line. Pemeberian senam static stretching kelompok perlakuan sebanyak 6x dalam dua minggu, setiap latihan ±45 menit. Hasil pengukuran fleksibilitas lumbal kemudia dilakukan uji paried t test pada pre dan post test kelompok perlakuan maupun kelompok kontrol. Sedangkan post test kelompok perlakuan dan kelompok kontrol di lakukan uji independent t test. Hasil penelitian di ketahui hasil rata-rata fleksibilitas lumbal sebelum di peri perlakuan 4,91 cm. Rata-rata fleksibilitas lumbal setelah dua minggu di beri perlakuan 5,62 cm dengan nilai F-hitung = -11.783 dengan nilai p= 0,000. Kesimpulan ada peningkatan fleksibilitas lumbal pada responden setelah diberikan perlakuan. Hasil uji beda rata-rata post test kelompok perlakuan dan post test kelompok kontrol diperoleh t-hitung = 4.179 dengan p= 0,001. Kesimpulan ada beda peningkatan fleksibilitas lumbal pada lanjut usia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: static stretching, schober test, fleksibilitas lumbal, lanjut usia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 12:47
Last Modified: 23 Oct 2021 01:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25710

Actions (login required)

View Item View Item