Determinan Keaktifan Melakukan Senam Diabetes Mellitus Pada Anggota Komunitas Diabetesi Sehat Puskesmas Ngrambe Kabupaten Ngawi

Suhendro, Lulik Agus and , Agus S udaryanto, S. Kep. ,Ns., M.K es and , Kartinah ,S. Kep (2013) Determinan Keaktifan Melakukan Senam Diabetes Mellitus Pada Anggota Komunitas Diabetesi Sehat Puskesmas Ngrambe Kabupaten Ngawi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (488kB)

Abstract

Prevalensi diabetes mellitus terus meningkat, hal ini berkaitan dengan meningkatnya status sosial, yang diikuti perubahan pola hidup yang kurang sehat seperti kurangnya aktivitas fisik. Sejak 2008 diabetes mellitus menempati peringkat 5 dengan kunjungan terbanyak, sehinnga dibentuklah komunitas diabetesi sehat di Puskesmas Ngrambe. Faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas fisik antara lain pendidikan, lama keanggotaan, jarak rumah, sikap, dukungan keluarga, sarana dan fasilitas, jenis kelamin, status pekerjaan, kualitas interaksi, dan keparahaan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan melakukan senam DM pada anggota komunitas diabetesi sehat Puskesmas Ngrambe. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasonal. Sampel penelitian adalah 68 anggota komunitas diabetesi sehat Puskesmas Ngrambe Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik Chi Square dan Regresi Logistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: Tingkat pendidikan sebagian besar adalah pendidikan dasar, sikap dalam kegiatan Senam DM sebagian besar adalah cukup, lama mengikuti senam DM sebagian besar adalah baru (< 1 tahun), persepsi jarak domisili sebagian besar adalah cukup, dukungan keluarga sebagian besar adalah cukup, keaktifan mengikuti senam DM pada anggota kelompok diabetes sehat Puskesmas Ngrambe sebagian besar adalah tidak aktif, ada pengaruh tingkat pendidikan, sikap, jarak dan dukungan keluarga anggota kelompok diabetes sehat Puskesmas Ngrambe terhadap keaktifan mengikuti senam DM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, sikap, jarak, lama keanggotaan, dukungan keluarga, keaktifan, senam DM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 12:38
Last Modified: 02 Jun 2016 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25709

Actions (login required)

View Item View Item