Hubungan Antara Cardiovascular Load Pembatik Tulis Dengan Kejadian Myofascial Trigger Point Syndrome (MTP’S) Otot Upper Trapezius Di Kampung Batik Laweyan

PERDANA, SURYO SAPUTRA and , Isnaini Herawati, SST.FT., S.Pd., M.Sc and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes (2013) Hubungan Antara Cardiovascular Load Pembatik Tulis Dengan Kejadian Myofascial Trigger Point Syndrome (MTP’S) Otot Upper Trapezius Di Kampung Batik Laweyan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._Bab_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
5._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
6._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] PDF (Bab V)
8._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (794kB)

Abstract

Pada pembatik tulis jenis aktivitas yang digunakan adalah Low Level Muscle Contraction apabila overload akan beresiko terjadinya Myofascial Trigger Point Syndrome (MTP’s). Overload erat hubungannya dengan beban kerja yang dimiliki oleh pembatik tulis. Banyak pendekatan yang dilakukan untuk mengklasifikasi beban kerja. Salah satu pendekatan beban kerja adalah menggunakan pendekatan Cardiovascular dimana heart rate menjadi paramaeternya. Klassifikasi ini disebut dengan Cardiovascular Load. cardiovascular load diartikan sebagai beban jantung dan pembuluh darah untuk mentoleransi beban kerja yang diterima oleh tubuh manusia Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Hubungan Antara Cardiovascular Load Pembatik Tulis dengan Kejadian MTP’s Otot Upper Trapezius di Kampung Batik Laweyan. Manfaat Penelitian: Dapat mengetahui Hubungan Antara Cardiovascular Load Pembatik Tulis dengan Kejadian MTP’s Upper Trapezius di Kampung Batik Laweyan. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Jumlah sample 16 orang. Mencari hubungan Cardiovascular Load dengan angka kejadian Myofascial Trigger Point Syndrome. Pengukuran Cardiovascular Load menggunakan perhitungan Heart Rate dengan frekuensi 4x dalam sehari sedangkan Penentuan diagnosis MTP’s berdasarkan pemeriksaan palpasi. Uji Korelasi menggunakan Uji Spearman Rho (ρ) dengan degree of confident sebesar 95%. Hasil Penelitian : Berdasarkan penguji statistik didapatkan hasil adanya hubungan antara 2 variabel. Dimana ρhitung (0,521) lebih besar dari pada ρtabel (0,506) yang artinya H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa ada hubungan antara Cardiovascular Load pembatik tulis dengan kejadian MTP’s otot Upper Trapezius di Kampung Batik Laweyan Kesimpulan: Terdapat Hubungan antara Cardiovascular Load pembatik tulis dengan kejadian MTP’s otot Upper Trapezius.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cardiovascular Load, MTP’s, otot Upper Trapezius, Pembatik Tulis
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 12:16
Last Modified: 16 May 2016 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25703

Actions (login required)

View Item View Item