Pengaruh Roa, Roe, Npm, Dan Eps Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food And Baverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2008-2010

WAHYUHANI , Endah (2013) Pengaruh Roa, Roe, Npm, Dan Eps Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food And Baverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2008-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (882kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROA, ROE, NPM, dan EPS terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-2010. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak perusahaan khususnya perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tentang return saham terhadap investor sebagai penentu untuk berinvestasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan keuangan tahunan perusahaan food and beverages yang di terbitkan Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2008-2010. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel ini adalah purposive sampling. Pemilihan sampel saham yang akan di teliti berdasarkan pada semua saham Food and Baverages di Bursa Efek Indonesia sebanyak 18 sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan food and beverages di Bursa Efek Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena adanya pengembalian yang tidak sebanding antara investasi dengan keuntungan, sehingga menjadikan investor mengalami kerugian yang akibatnya menurunkan minat investor dalam berinvestasi, sehingga hal itu akan berdampak terhadap menurunnya return saham. ROE berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan food and beverages di Bursa Efek Indonesia.Halini menunjukkan bahwa tingkat pengembalian keuntungan sesuai dengan modal saham, sehingga keuntungan perusahaan akan semakin mengalami peningkatan. Pada kondisi semacam ini akan terjadi peningkatan minat dari para investor untuk menanamkan saham, sehingga berdampak pada peningkatan return saham.NPM berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan food and beverages di Bursa Efek Indonesia. Dengan kondisi Net Profit Margin yang meningkat, hal ini kemungkinan dapat membuat banyak investor tertarik untuk berinvestasi pada saham tersebut, semakin banyak yang membeli saham tersebut maka return saham saham pun akan turut meningkat. EPS tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan food and beverages di Bursa Efek Indonesia. Hal ini disebabkan adanya perekonomian yang tidak stabil sehingga sering terjadi penurunan maupun peningkatan harga saham yang tidak konstan, akibatnya para investor berfikir keras untuk berinvestasi yang menguntungkan.ROA, ROE, NPM dan EPS secara bersama-sama berpengaruh terhadap harga saham perusahaan food and beverages di Bursa Efek Indonesia. Apabila rasio profitabilitas perusahaan tinggi, ini akan memberikan daya tarik bagi investor yang mengakibatkan saham perusahaan tersebut akan diminati oleh banyak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ROA, ROE, NPM, EPS, Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 10 Sep 2013 12:30
Last Modified: 10 Sep 2013 12:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25698

Actions (login required)

View Item View Item