Manfaat Pendampingan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Dalam Penanganan Anak Cerebral Palsy

Abdurrachman, Abdurrachman and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, and , Umi Budi Rahayu, SSt. Ft. SPd. M. Kes (2013) Manfaat Pendampingan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Dalam Penanganan Anak Cerebral Palsy. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_SKRIPSI_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab i)
2_SKRIPSI_BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
3_SKRIPSI_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab III)
4_SKRIPSI_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_SKRIPSI_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
6_SKRIPSI_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_SKRIPSI_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
SKRIPSI_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (687kB)

Abstract

Latar Belakang: Cerebral Palsy adalah yang ditandai dengan perkembangan motorik yang abnormal atau terlambat, seperti paraplegia spastik, hemiplegia atau tetraplegia, yang sering disertai dengan retardasi mental, kejang atau ataksia. Dalam penanganan anak Cerebral Palsy peranan dari orang tua/keluarga penting. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Kurangnya dukungan ekonomi dan akses ke instansi kesehatan mempengaruhi pengetahuann orang tua. Keluarga harus memiliki pengetahuan khusus dalam penanganan anak dengan Cerebral Palsy. Pendampingan orang tua penyandang Cerebral Palsy dilakukan untuk mengajarkan dan melatih dalam menangani anak Cerebral Palsy. Pendampingan dimaksudkan supaya orang tua dapat memperlakukan dan menangani anaknya yang Cerebral Palsy dengan tepat. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui apakah ada manfaat pendampingan terhadap peningkatan pengetahuan orang tua dalam penanganan anak Cerebral Palsy. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental, dengan desain penelitian one group pre test and post test design. Tektik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel 12 orang tua anak Cerebral Palsy. Tehnik yang digunakan adalah metode pendampingan selama 30 hari, frekuensi 6x pertemuan. Uji Normalitas data menggunakan Shapiro-Willk tes kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesa dengan Paired Sample T-test. Hasil Penelitian: Dari hasil statistik didapatkan hasil nilai P adalah 0.0000 dimana p < 0.05 yang berarti Ha diterima. Artinya ada manfaat pendampingan terhadap peningkatan pengetahuan orang tua dalam penanganan anak Cerebral Palsy. Kesimpulan: Pemberian pendampingan kepada orang tua terbukti dapat memberikan manfaat terhadap peningkatan pengetahuan orang tua dalam penanganan anak dengan kondisi Cerebral Palsy.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Pengetahuan dalam menangani anak Cerebral Palsy, Orang Tua/Keluarga, Cerebral Palsy.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 10 Sep 2013 11:54
Last Modified: 21 Nov 2019 02:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25693

Actions (login required)

View Item View Item