Personal Branding Jokowi Dalam Media (Analisis Isi Kuantitatif Personal Branding Jokowi Dalam Harian Umum Solopos Periode Terbit Maret - Juli 2012)

ARIYANI, DWI (2013) Personal Branding Jokowi Dalam Media (Analisis Isi Kuantitatif Personal Branding Jokowi Dalam Harian Umum Solopos Periode Terbit Maret - Juli 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (321kB)

Abstract

Jokowi adalah mantan Walikota Surakarta yang akhir-akhir ini mendapat sorotan lebih dari masyarakat maupun media. Banyak tindakan-tindakan Jokowi yang di nilai sangat agresif dan jarang di lakukan oleh pemimpin daerah lain. Jokowi mampu mengangangkat nama Solo sampai ke kancah internasional. Oleh karena itulah media secara terus menerus memberitakan Jokowi. Secara tidak langsung hal itu dapat berdampak pada Personal Branding-nya Peneitian ini ingin mengetahui bagaimana kecenderungan Personal Branding Jokowi dalam penulisan berita dan berapa besar penulisan Personal Branding Jokowi pada harian umum Solopos periode terbit bulan Maret – Juli 2012. Untuk menganalisisnya digunakan metode Content Analysis (analisis isi), karena yang dijadikan permasalahan dalam penelitian ini adalah isi pesan dalam media cetak surat kabar yaitu isi berita. Dengan analisis isi memungkinkan peneliti untuk menganalisis segala bentuk komunikasi yang menyeluruh dari isi yang tampak. Data dikumpulkan dengan metode domukentasi dan studi pustaka. Sampel yang digunakan sebanyak 52 berita diambil dari populasi berita sebanyak 105 berita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa nilai Personal Branding Jokowi dalam pemberitaan harian umum Solopos adalah sebanyak 1064 kalimat. Didominasi oleh indikator merek sebanyak 722 kalimat, Personal Balance Scorecard sebanyak 280 kalimat dan ambisi sebanyak 62 kalimat. Angka tersebut menunjukkan bahwa penulisan unsur Personal Branding Jokowi dianggap penting dalam pemberitaan harian umum Solopos, sehingga dapat menjadi sebuah berita yang inspiratif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, Surat Kabar, Personal Branding, Jokowi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 08:42
Last Modified: 10 Sep 2013 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25676

Actions (login required)

View Item View Item