Pengelolaan Pembelajaran Biologi Di SMP Negeri 1 Boyolali

Arimpi Kusrupartiningrum, Anis and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Pengelolaan Pembelajaran Biologi Di SMP Negeri 1 Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (642kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik perencanaan pembelajaran biologi di SMP Negeri 1 Boyolali (2) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan pembelajaran biologi di SMP Negeri 1 Boyolali (3) mendeskripsikan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran biologi di SMP Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Boyolali. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru biologi dan siswa SMP Negeri 1 Boyolali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi tiga tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan dari penelitian ini dilakukan dengan empat kriteria, masing‐masing adalah: (1) kepercayaan (credibility), (2) keteralihan (transferability), (3) kebergantungan (dependability), dan (4) kepastian (confirmability). Hasil dari penelitian ini adalah (1) karakteristik perencanaan pembelajaran biologi di SMP Negeri 1 Boyolali diawali dengan pembuatan silabus yang dijabarkan menjadi RPP dan dilengkapi dengan program tahunan dan program semester. (2) karakteristik pelaksanaan pembelajaran biologi di SMP Negeri 1 Boyolali diawali dengan melakukan kegiatan pra pembelajaran yang berupa apersepsi dan motivasi, kegiatan inti pembelajaran dan diakhiri dengan penutup (3) karakteristik evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran biologi di SMP Negeri 1 Boyolali dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis yang terdiri dari Ulangan Harian,Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 08:00
Last Modified: 20 Oct 2021 01:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25669

Actions (login required)

View Item View Item