PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH AWALIYAH TERHADAP SIKAP BERAGAMA SISWA MADRASAH DINIYAH AWALIYAH SYARIF TAHUN 2008

MAWASID, NURTESTI HANDAYANI (2008) PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH AWALIYAH TERHADAP SIKAP BERAGAMA SISWA MADRASAH DINIYAH AWALIYAH SYARIF TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
H000040010.pdf

Download (263kB)
[img] PDF
H000040010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)

Abstract

Anak adalah aset berharga suatu keluarga dan bangsa. Sikap yang dimilikinya tidak akan terlepas dari adanya pengaruh lingkungan. Pada tataran yang lebih kompleks manusia erat hubungannya dengan ketauhidan, jadi pada dasarnya jiwa manusia tidak dapat lepas dari agama. Lingkungan yang bernuansa religi sangat dibutuhkan umat manusia, karena agama merupakan pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari anak, manusia yang membutuhkan lingkungan bernuansa religi, adalah aset berharga suatu keluarga dan bangsa, maka digagaslah suatu model pendidikan Madrasah Diniyah Awaliyah. Pendidikan nonformal yang dilakukan di luar jam sekolah untuk anak usia sekolah dasar. Hal yang menarik yang kemudian menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan adalah apakah pelaksanaan Madrasah Diniyah Awaliyah selama 1 jam tiap 6 hari dalam seminggu dapat berpengaruh pada sikap beragama siswa? Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan Madrasah Diniyah Awaliyah terhadap sikap beragama siswa MDA Syarif tahun 2008. Jenispenelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) karena data-datanya didapat dari lapangan yang berasal dari siswa, guru dan wali siswa MDA Syarif tahun 2008. pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan psikologi agama pendekatan yang dipakai untuk mengetahui aspek atau kondisi psikologis beragama, baik sebagai individu (aspek individu psikologis) maupun secara kelompok. Metode pengumpulan data adalah metode pengumpulan angket sebagai metode pokok, metode interview untuk menguatkan hasil metode pengumpulan angket memperoleh data sejarah singkat berdirinya MDA Syarif, metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang profil MDA Syarif dan aplikasi MDA di MDA Syarif. Model analisapenelitian adalah kuantitatif.Data penelitian dianalisis menggunakan korelasi product moment, diperoleh rxy = 0,714 kemudian angka-angka tersebut diukur dengan r tabel product moment, dengan N=35 pada level signivikansi 1% didapat nilai 0,340 dan pada level signifikansi 5% didapat nilai 0,334, bila nilai rxy diukur dengan signifikansi pada dua level tersebut baik 1% maupun 5% ternyata rxy lebih besar dari r tabel atau 0,714>0,340>0,334. Berarti terdapat korelasi yang kuat atau tinggi antara pendidikan Madrasah Diniyah Awaliyah terhadap sikap beragama siswa MDA Syarif tahun 2008. Keywords: Madrasah DiniyahAwaliyah, Sikap Beragama, Siswa MDA Syarif tahun 2008

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Madrasah DiniyahAwaliyah, Sikap Beragama, Siswa MDA Syarif tahun 2008
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ushuluddin
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 12 Jun 2009 07:37
Last Modified: 12 Dec 2014 12:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item