Desain Dies Chasis Long Member Mengunakan Spring Dan Pad Pada Mini Truck Esemka Sang Surya

Eko Pramono, Niki and , Bambang Waluyo Febriantoko, S.T., M.T. and , Ir. Agus Hariyanto, M.T. (2013) Desain Dies Chasis Long Member Mengunakan Spring Dan Pad Pada Mini Truck Esemka Sang Surya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (832kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisa dan mendesain dies chasis long member menggunakan spring dan pad sebagai pembantu proses pembuatan komponen produksi mini truck esemka sang surya. Salah satunya pembuatan komponen chasis long member, dengan menggunakan peralatan dies sebagai alat untuk pembuatan komponen chasis long member. Dengan menggunakan peralatan ini membantu dalam kemudahan pembuatan komponen dan peningkatan hasil produksi dalam jumlah banyak. Desain dikerjakan dengan bantuan program komputer, dalam penelitian ini digunakan Solidwork sebagai program aplikasinya, material yang digunakan adalah besi cor FC 30 dan FCD 55 untuk mengetahui seberapa besarnya distribusi tegangan yang terjadi pada dies yang digunakan pada proses bending pada komponen chasis long member melalui proses trial dan analisis. Komponen yang dibuat berupa chasis long member dengan panjang 4200 mm dengan ketebalan 4,8 mm. Hasil dari analisa dan desain chasis long member mendapatkan hasil-hasil sebagai berikut: load pembebanan sebesar 114723 N terjadi distribusi tegangan maksimal pada upper dies, lower dies, maupun punch. Radius punch dan die sebesar 3mm dan 3,48mm. Besarnya gesekan (friction) antara punch, material dan die sebesar 18356 N. Dan didapatkan clearance sebesar 5,28mm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Chasis, Dies, Bending, Desain.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 06:05
Last Modified: 03 Nov 2021 15:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25644

Actions (login required)

View Item View Item