Tinjauan Kuat Tekan Beton Dengan Bahan Tambah Lumpur Sidoarjo Kering Udara Dicampur Kapur Dibanding Lumpur Sidoarjo Bakar Dicampur Kapur

Rifai, Muhammad Abdul (2013) Tinjauan Kuat Tekan Beton Dengan Bahan Tambah Lumpur Sidoarjo Kering Udara Dicampur Kapur Dibanding Lumpur Sidoarjo Bakar Dicampur Kapur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Makalah_Publikasi.pdf

Download (407kB)

Abstract

Pada tahun 2006 PT.Lapindo Brantas mengalami kesalahan teknis pengeboran minyak bumi dan gas. kesalahan teknis pengeboran minyak bumi dan gas tersebut berakibat fatal bagi sebagian besar masyarakat di Porong Sidoarjo dan sekitarnya. Untuk mengatasi masalah tersebut diusahakan luapan lumpur panas Sidoarjo bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, seperti sebagai bahan pengganti sebagian semen ataupun sebagi bahan tambah pada beton. Pada penelitian ini perencanaan campuran beton menggunakan metode American concrete institute (ACI) dengan fas 0,60. Penelitian ini dilakukan pengujian kuat tekan beton dengan benda uji berbentuk silinder dengan diameter 150 mm dan tinggi 300 mm Dengan menggunakan bahan tambah lumpur Sidoarjo yang dicampur kapur. Bahan-bahan dalam penelitian ini adalah pasir Klaten, batu pecah Wonogiri, Kapur Gunung Kidul, lumpur Sidoarjo,dan semen merk Gresik. Prosentase Lumpur Sidoarjo dan kapur adalah 10% + 0%, 7,5% +10 %, 10% + 20%, 12,5% + 30%, 15%+40%, 17,5% + 47,5% dari berat semen dan tiap variasi dibuat 5 benda uji.. kuat tekan rencana ƒ’c 25 MPa. Perawatan beton dilakukan dengan cara merendam beton selama 28 hari. Pengujian kuat tekan dan perawatan beton dilakukan di Laboratorium Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tekan beton dari tiap-tiap variasi bahan tambah kemudian diketahui prosentase optimum penambahan lumpur Sidoarjo dicampur kapur, sehingga didapatkan kuat tekan maksimum dan untuk mengetahui perbandingan kuat tekan antara lumpur Sidoarjo bakar pada suhu 1000° C dicampur kapur dengan Lumpur Sidoarjo kering udara dicampur kapur. Hasil penelitian didapat kuat tekan rata-rata paling tinggi adalah pada prosentase lumpur sidoarjo bakar sebesar 10% dari berat semen tanpa menggunakan kapur dengan kuat tekan ratarata 26,88 MPa. Kuat tekan terendah pada penambahan lumpur Sidoarjo kering Udara 17,5% ditambah kapur 47,5% dengan kuat tekan rata-rata sebasar 12,62 MPa. Nilai kuat tekan beton mulai menurun pada penambahan Lumpur Sidoarjo kering udara 10% dari 26,2 Mpa turun menjadi 25,8 MPa, lebih rendah dari beton normal. Perbandingan kuat tekan sampai pada kadar terbesar / terakhir yaitu lumpur Sidoarjo 17,5% dan kapur 47,5% antara beton lumpur sidoarjo kering udara dicampur kapur dengan lumpur Sidoarjo bakar dicampur kapur adalah 23,95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa lumpur Sidoarjo bakar dicampur kapur lebih tinggi kuat tekanya dibanding lumpur Sidoarjo kering udara dicampur kapur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lumpur Sidoarjo, Kapur, kuat tekan beton, bahan tambah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 10:40
Last Modified: 09 Sep 2013 12:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25633

Actions (login required)

View Item View Item