Sikap Keberagaman Mahasiswa Fakultas Agama Islam Setelah Mengikuti Mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2012/2013

Akbar, Sulbani and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag and , Drs. Muhammad Yusron, M.Ag. (2013) Sikap Keberagaman Mahasiswa Fakultas Agama Islam Setelah Mengikuti Mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (613kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Agama sebagai suatu sistem keyakinan atas adanya Yang Mutlak di luar manusia dan suatau sistem peribadatan manusia yang dianggap Yang Mutlak itu, serta suatu sistem kaidah yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dengan alam lainnya, sesuai dan sejalan dengan tata keimanan dan tata peribadatan manusia yang dimaksudkan. Keagamaan adalah kepatuhan dan kesetiaan manusia kepada Allah. Latar belakang masalah adalah masih minimnya keberagamaan mahasiswa dalam keseharian baik dalam beribadah pergaulan dan sikap dalam ucapan. Permasalahan karena masih banyanyak kekurang nilai-nilai keislaman dalam keseharian m ahasiswa diantara faktor tersebut adalah dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal atau pergaulan. Skripsi ini berkenaan dengan sikap keberagamaan mahasiswa Fakultas Agama Islam setelah mengikuti mentoring. Adapun obyek penelitian yang dipilih adalah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 150 orang, namun diambil 14% yang menjadi sampel dalam penelitian yaitu 21 orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana sikap keberagamaan Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rumusan masalah adalah untuk mengetahui keberagamaan mahasiswa FAI. Adapun jenis penalitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) karena data yang diperoleh di lapangan. Metode pengumpulan data dokumentasi, angket dan wawancara. Sedangkan jenis analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Untuk mengukur Sikap Keberagamaan Mahasiwa Fakultas Agama Islam setelah mengikuti mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta, penulis menggunakan konsep C.Y. Glock & Start, yaitu yang meliputi, Pertama: keterlibatan Ideologi, yaitu menggambarkan seberapa jauh seseorang menerima hal-hal yang dogmatic di dalam agamanya. Kedua: keterlibatan Ritual, yaitu sejauhmana seseorang mengerjakan kewajiban ritual di dalam agamanya. Ketiga: keterlibatan Intelektual, yaitu mengetahui sejauhmana seseorang mengetahui tentang ajaran agamanya. Keempat: keterlibatan konsekuen, yaitu sejauh mana perilaku seseorang konsekuen dengan ajaran agamanya. Kelima: keterlibatan pengalaman keagamaan yaitu menujukan apakah seseorang pernah mengalami pengalaman keagamaan yang dianggap spektakuler yang merupakan keaajaiban yang datangnya dari Tuhan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sikap keberagamaan mahasiswa Fakultas Agama Islam setelah mengikuti mentoring Universitas Muhammadiyah Surkarta tergoolong tinggi, hal ini dapat diketahui dari masingmasing dimensi. Untuk dimensi satu dengan angka prosentasi 100% menyakini adanya Allah SWT, Malaikat, Kitab Suci, Nabi/Rasul, Hari Kiamat, serta qadha dan qadar. Untuk dimensi kedua 95% menjalankan ibadah wajib dan kadangkadang ikut menjalan ibadah sunat, untuk dimensi ketiga 100% mengetahui ajaran agamanya. Untuk dimensi keempat 95% konsekuensi menjalankan ibadah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Untuk dimensi kelima 76% pernah mengalami pengalaman keagamaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sikap keberagamaan, mahasiswa, mentoring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ushuluddin
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 10:36
Last Modified: 28 Oct 2021 02:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item View Item