Susilawati, Atik and , Dr. Badaruddin, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Manajemen Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Man I Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (755kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (351kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (352kB) |
Abstract
Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah. Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus menerus. Di sinilah peran seorang kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. Masalah yang dibahas dalam penilitian ini yaitu bagaimana manajemen supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN I Karanganyar? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dan permasalahan yang muncul serta usaha-usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam usaha peningkatan profesionalisme guru dan sebagai referensi ilmiah bagi penelitian selanjutnya. Penelitian yang dilakukan dalam karya ini tergolong penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru MAN I Karanganyar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara analisis diskriptif kualitatif dengan pola pendekatan induktif dan deduktif. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan pelaksanaan manajemen supervisi di MAN I Karanganyar untuk meningkat profesionalisme guru yaitu kepala madrasah melaksanakan proses manajemen meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Selain itu kepala madrasah berpedoman pada prinsip kerjasama, sehingga usaha-usaha sekolah dialokasikan kepada anggota. Permasalahan supervisi pendidikan yang ada di MAN I Karanganyar kegiatan monitoring kurang maksimal karena kepala madrasah tidak melakukan kunjungan kelas. Kegiatan monitoring KBM diwakilkan kepada wakil kepala madrasah bagian kurikulum dan tim monitoring melalui CCTV namun monitoring tidak ditekankan pada kualitas guru mengajar akan tetapi hanya untuk mengawasi bagaimana perilaku siswa di dalam kelas. Permasalahan lain yaitu tidak aktifnya program Penelitian dan Pengembangan (Litbang) karena kurangnya minat guru untuk melakukan Penelitaian Tindakan Kelas (PTK).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Supervisi Pendidikan, Profesionalisme Guru. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2013 10:20 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25628 |
Actions (login required)
View Item |