Manajemen Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Man I Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Susilawati, Atik and , Dr. Badaruddin, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Manajemen Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Man I Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (755kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (351kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (352kB)

Abstract

Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah. Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus menerus. Di sinilah peran seorang kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. Masalah yang dibahas dalam penilitian ini yaitu bagaimana manajemen supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN I Karanganyar? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dan permasalahan yang muncul serta usaha-usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam usaha peningkatan profesionalisme guru dan sebagai referensi ilmiah bagi penelitian selanjutnya. Penelitian yang dilakukan dalam karya ini tergolong penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru MAN I Karanganyar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara analisis diskriptif kualitatif dengan pola pendekatan induktif dan deduktif. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan pelaksanaan manajemen supervisi di MAN I Karanganyar untuk meningkat profesionalisme guru yaitu kepala madrasah melaksanakan proses manajemen meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Selain itu kepala madrasah berpedoman pada prinsip kerjasama, sehingga usaha-usaha sekolah dialokasikan kepada anggota. Permasalahan supervisi pendidikan yang ada di MAN I Karanganyar kegiatan monitoring kurang maksimal karena kepala madrasah tidak melakukan kunjungan kelas. Kegiatan monitoring KBM diwakilkan kepada wakil kepala madrasah bagian kurikulum dan tim monitoring melalui CCTV namun monitoring tidak ditekankan pada kualitas guru mengajar akan tetapi hanya untuk mengawasi bagaimana perilaku siswa di dalam kelas. Permasalahan lain yaitu tidak aktifnya program Penelitian dan Pengembangan (Litbang) karena kurangnya minat guru untuk melakukan Penelitaian Tindakan Kelas (PTK).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Supervisi Pendidikan, Profesionalisme Guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 10:20
Last Modified: 29 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25628

Actions (login required)

View Item View Item