Pengaruh Penggunaan Selebriti Endorser Dalam Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen

Harjanti, Prima Any and , Rini Kuswati, S.E., M.Si. (2013) Pengaruh Penggunaan Selebriti Endorser Dalam Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (679kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._TOTALAN_DEPAN.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._SKRIPSI_BAB_1.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._SKRIPSI_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
06._SKRIPSI_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._SKRIPSI_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
08._SKRIPSI_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan bisnis industri periklanan dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah selebriti endorser yang terdiri Attractiveness (daya pikat) , Trustworthiness ( Dapat Dipercaya), Expertise ( Keahlian) mempengaruhi sikap pada Iklan Televisi, Apakah selebriti endorser berpengaruh secara simultan terhadap sikap pada iklan, Apakah sikap pada iklan berpengaruh positif pada iklan.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, Attractiveness (daya pikat) (X1), Trustworthiness (X2), Expertise (X3), terhadap sikap pada Iklan (Y1), dan Minat Beli (Y2). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang respondenSeluruh Mahasiswa, Dosen , Karyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang sering melihat iklan televisi produk fres care yang di iklankan oleh endorser selebriti yaitu agnes monica mengunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Datadata yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi I sebagai berikut : Y = 16,078 + 0,771 X1 + 0,706 X2 + 0,445 X3 dan Persamaan regresi II Sebagai berikut : Y = 3,598 + 0,137 Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor daya pikat, dapat dipercaya, keahlian, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap pada iklan . Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen sikap pada iklan . Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel daya pikat, kualitas dapat dipercaya, keahlian, berpengaruh signifikan terhadap sikap pada iklan. Angka Adjusted R square sebesar 0,441 menunjukkan bahwa 44,1 persen variasi sikap pada iklan sebesar 45,8 persen bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 54,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar kelimat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Attractiveness (daya pikat), Trustworthiness ( Dapat Dipercaya), Expertise ( keahlian), Sikap pada iklan, minat beli
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Sep 2013 08:18
Last Modified: 20 Oct 2021 23:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25615

Actions (login required)

View Item View Item