Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Aryani, Devi Riesta and , Imron Rosyadi, S.E., M.Si. (2013) Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap perubahan laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2011 sebanyak 40 perusahaan. Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan kriteria tertentu tersebut antara lain: (1) Perusahaan manufaktur pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007- 2011. (2) Menerbitkan laporan keuangan per 31 Desember 2007-2011. (2) Memiliki data dan laporan keuangan yang berkaitan dengan pengukuran variabel penelitian. (4) Data perusahaan yang digunakan dalam penelitian yaitu perusahaan yang mengalami laba positif berturut-turut selama 5 tahun periode 2007-2011 Berdasarkan kriteria tersebut di atas maka diperoleh sampel data perusahaan manufaktur pada sektor industri dan barang konsumsi sebanyak 27 perusahaan. Data diperoleh dari laporan keuangan yang diterbitkan Indonesia Capital Market Directory (ICMD) dan IDX Yearly Statistics variabel dependen dalam penelitian ini adalah perubahan laba dan variabel independen adalah Curent Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER) Total Asset Turn Over (TAT), Inventory Turn Over (ITO), Return On Asset (ROA), Gross Profit Margin (GPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Total Asset Turn Over (TATO) dan variabel Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba. Sedangkan variabel Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Inventory Turn Over (ITO) dan Return on Asset (ROA),berpengaruh tidak signifikan terhadap perubahan laba. Untuk peneliti yang akan datang jika ingin meneliti dengan tema yang sama, disarankan sebaiknya menambah jumlah variabel bebas dan jumlah sampel agar hasil penelitian lebih baik lagi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio keuangan, perubahan laba.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Sep 2013 12:44
Last Modified: 20 Oct 2021 23:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25613

Actions (login required)

View Item View Item