Investigasi Karakteristik Rap Reclaimed Asphalt Pavement) Artifisial

PRAMUDYO , CAHYO (2013) Investigasi Karakteristik Rap Reclaimed Asphalt Pavement) Artifisial. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (625kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab 7)
BAB_VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (453kB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah mendorong diterapkannya teknik daur ulang pada bidang transportasi. Akhir-akhir ini, muncul teknologi baru untuk mendaur ulang material bekas bongkaran aspal tersebut dengan cara menambahkan bahan peremaja atau bahan adiditive untuk kemudian dijadikan material perkerasan jalan yang baru. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menyelidiki karakteristik menggunakan bahan tiruan RAP sehingga data-data sumber bahan diketahui. RAP artifisial juga dapat disebuat RAP tiruan atau RAP imitasi. RAP ini dibuat dengan cara menuakan aspal baru dengan cara pemanasan di laboratorium sehingga didapat sifat dan karakteristik yang equivalen dengan RAP yang diambil dari lapangan. Karakteristik RAP artifisial yang perlu diketahui adalah kadar aspal, karakteristik kandungan agregat, karakteristik kandungan aspal, karakteristik sifat fisik RAP, kepadatan dan daya dukung dengan pengujian CBR. Hasil investigasi ini kemudian di bandingkan dengan karakteristik RAP lapangan sehingga dapat di peroleh perbedaan karakteristiknya. Hasil pemeriksaan fisik RAP artifisial didapat nilai ektraksi sebesar 4,03%, nilai keausan 29,26% dan nilai kelekatan aspal terhadap agregat sebesar 100%. Karakteristik agregat penyusun RAP artifisial setelah di lakukan ekstraksi didapat berat jenis dari agregat kasar sebesar 2,89, berat jenis agregat halus sebesar 2,57 dan nilai keausan dari agregat adalah 28,26%. Karakteristik aspal penyusun RAP setelah mengalami penuaan didapat nilai penetrasi sebesar 27,5, berat jenis adalah 1,15, titik lembek pada suhu 54,5oC, titik nyala pada suhu 270 oC, titik bakar pada suhu 329 oC dan nilai daktilitas adalah sebesar 950. Nilai kadar air optimum adalah sebesar 1,2%. Nilai CBR untuk RAP dengan metode tanpa perendaman (unsoaked) didapat nilai 100 % sebesar 61,8 %, sedangkan hasil pemeriksaan CBR untuk RAP dengan metode dengan perendaman (soaked) didapat nilai CBR 100% sebesar 50,8%. RAP artifisial yang tidak ditambah aspal dan agregat baru tidak dapat digunakan untuk material penyusun lapis bahu jalan tanpa penutup aspal, lapis pondasi bawah atau lapis pondasi atas. Hasil karakteristik RAP artifisial ini hanya digunakan sebagai pembanding dari karakteristik RAP lapangan karena karakteristik RAP arifisial dapat dikontrol sifat sifat penyusunnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daur Ulang Perkerasan Jalan, RAP Artifisial, Sifat fisis RAP, Sifat penyusun RAP, CBR.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 06 Sep 2013 11:51
Last Modified: 06 Sep 2013 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25605

Actions (login required)

View Item View Item