Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Paud Di Tkit “Fatahillah” Kabupaten Sukoharjo Tahun 2012 / 2013

Anwar, Rosyidah and , Dr.Moh Abdul Kholoq Hasan,M.A and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag (2013) Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Paud Di Tkit “Fatahillah” Kabupaten Sukoharjo Tahun 2012 / 2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (972kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan salah satu ikhtiar untuk melahirkan generasi yang unggul. Diantara sarana untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memperhatikan kurikulum pendidikan yang digunakan. Kurikulum sebagai salah satu pokok acuan dalam melaksanakan pendidikan. TKIT “Fatahillah” adalah diantara lembaga pendidikan lembaga pendidikan yang berbasis kepada kurikulum pendidikan dengan dasar daily‐life yang Islami. Berangkat dari hal tersebut diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana “ Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TKIT “Fatahillah” Kabupaten Sukoharjo” yang telah dibuktikan dengan adanya peningkatan minat masyarakat Muslim diwilayah Kabupaten Sukoharjo untuk menyekolahkan anak‐anaknya di TKIT “Fatahillah”. Secara eksistensinya TKIT “Fatahillah” Kabupaten Sukoharjo telah terbukti dapat meraih prestasi di berbagai lomba baik di tingkat daerah maupun tingkat Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Dokumentasi, Observasi dan Wawancara mendalam. Sedangkan dalam analisa data penulis digunakan teknik analisis data “Trianggulasi” yang kemudian mengujinya dengan “Transferability,dependability dan konfirmability” data. Penelitian ini menghasilkan bahwa kegiatan Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di TKIT “Fatahillah” Kabupaten Sukoharjo di laksanakan dengan sangat baik oleh para Ustadzah yang menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang disesuaikan perkembangan anak usia dini yang menyenangkan sehingga menghasilkan anak‐anak yang sholeh, cerdas dan mandiri.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; kurikulum; pendidikan agama Islam; dan anak usia dini.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2013 10:55
Last Modified: 25 Oct 2021 02:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25595

Actions (login required)

View Item View Item