kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa di min jetis sukoharjo tahun ajaran 2012/2013

Mar'ati Sholikah, umi and , Dr.Muindinillah Basri, M.A and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag (2013) kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa di min jetis sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah dan kreatifitas guru. Atas dasar inilah, penulis mengangkat permasalahan tentang apasaja kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah dan kreatifitas guru, serta apasaja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN Jetis Sukoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah dan kreatifitas guru, dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MIN Jetis Sukoharjo. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan analisis deskriptif kualitatif, dan memakai pendekatan fenomenologi. penentuan subjek dengan memakai purposive sampling. Objek penelitian ini adalah MIN Jetis Sukoharjo. Pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mulai dari wawancara, observasi, mengedit, klasifikasi, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Uji kredibilitas data dengan informan review. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN Jetis Sukoharjo: a. Menggiatkan Kegiatan Ekstra Kurikuler di MIN Jetis Sukoharjo sesuai bakat dan minat murid; b. Memberikan motivasi kepada Siswa; c. Menyusahakan Dana untuk Memenuhi Tercapainya Prestasi Siswa; d. Diadakannya Tambahan Jam Pelajaran, serta termasuk didalamnya adalah membentuk Tim MIPA serta diadakannya kelas unggulan bagi siswa‐siswa yang berprestasi; e. Menyediakan Sarana dan Prasarana yang Lengkap; f. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Demokratis. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat Kepala Sekolah dan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MIN Jetis Sukoharjo: a. Faktor Pendukung Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MIN Jetis Sukoharjo: 1) Letak sekolah yang strategis serta lingkungan yang kondusif bagi proses pembelajaran; 2) Guru yang mempunyai skill dan berpendidikan S‐1; 3) Sarana dan Prasarana yang lengkap; 4) Diadakan kelas unggulan yakni bagi siswa‐siswa yang prestasi serta diadakan Tim olimpiade; 5) Adanya paguyuban wali murid,; 6) Dukungan masyarakat, berupa partisipasinya terhadap prestasi belajar siswa. b. Faktor Penghambat Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar ix Siswa Di MIN Jetis Sukoharjo: 1) Adanya satu dua oknum guru yang kurang semangat atau disiplin, sehingga berpengaruh pada prestasi siswa; 2) Adanya beberapa orang tua siswa yang kurang peduli dengan perkembangan belajar anak.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kemampuan manajerial; kepala sekolah; kreatifitas guru; prestasi belajar siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2013 10:32
Last Modified: 25 Oct 2021 02:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25590

Actions (login required)

View Item View Item