Konsep Integrasi Ilmu Ghoyah (Tujuan) Dan Ilmu Wasilah (Sarana) Dalam Kurikulum Pendidikan Di Sekolah (Studi Kasus Di Sma Al‐Irsyad Al‐Islamiyyah Cilacap Tahun 2012‐2013)

Irawansah, Opi and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag and , Dr.Muindinillah Basri, M.A (2013) Konsep Integrasi Ilmu Ghoyah (Tujuan) Dan Ilmu Wasilah (Sarana) Dalam Kurikulum Pendidikan Di Sekolah (Studi Kasus Di Sma Al‐Irsyad Al‐Islamiyyah Cilacap Tahun 2012‐2013). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (251kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)

Abstract

Studi dalam penelitian ini adalah mengenai konsep integrasi ilmu ghoyah (tujuan) dan ilmu wasilah (sarana) dalam kurikulum pendidikan di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah yang diterapkan di SMA Al‐Irsyad Al‐Islamiyyah Cilacap, dan mengidentifikasi problem utama dan solusi yang harus dilakukan dalam implementasi integrasi ilmu ghoyah dan ilmu sarana di SMA Al‐Irsyad Al‐Islamiyyah Cilacap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus di SMA Al‐Irsyad Al‐Islamiyyah Cilacap. Data yang tertulis berupa buku, dokumen dan majalah yang berkaitan dengan konsep pengintegrasian ilmu ghoyah dan ilmu wasilah. Sedangkan data yang tidak tertulis didapat dari SMA Al‐Irsyad Al‐Islamiyyah Cilacap. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara yang dianalisis dalam bentuk verbal dengan interpretasi koherensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah yang diterapkan di SMA Al‐Irsyad Al‐Islamiyyah Cilacap ada beberapa bentuk yaitu, integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah dalam penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan KBM, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya. Menurut analisis peneliti, ada beberapa hal yang dapat membantu berjalannya proses integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah dalam beberapa kegiatan di atas, diantaranya adalah: 1. Pengetahuan dan kemampuan guru dalam menerapkan konsep integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah. 2. Adanya kerjasama antara guru dan orangtua dalam megawasi kegiatan peserta didik di luar sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: konsep integrasi, ilmu tujuan, dan ilmu sarana.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2013 10:16
Last Modified: 25 Oct 2021 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25586

Actions (login required)

View Item View Item