Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Bus Kota Batik Solo Trans

Dwijayati, Fenny Dinda (2013) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Bus Kota Batik Solo Trans. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (530kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (560kB)

Abstract

Pengguna jasa bus kota Batik Solo Trans terdiri dari beberapa lapisan masyarakat. Hal tersebut menimbulkan persepsi dan tingkat kepuasan yang berbeda-beda pula mengenai atribut pelayanan tersebut. Oleh karena itu untuk menyatukan persepsi dan tingkat kepuasan dari semua lapisan masyarakat yang ada, maka perlu diadakan penelitian tentang atribut pelayanan seperti apa yang diinginkan pengguna, persepsi dan tingkat kepuasan pengguna terhadap atribut pelayanan yang ada. Berdasarkan pada kenyataan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel dari atribut pelayanan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, mengetahui persepsi dan tingkat kepuasan pengguna jasa angkutan umum bus kota Batik Solo Trans mengenai atribut pelayanan yang ada serta untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna berdasarkan jenis kelamin, mengetahui minat penggunaan ulang pengguna jasa Batik Solo Trans. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan penyebaran kuisioner langsung dilapangan dengan jumlah sampel adalah 350 responden. Variabel pengamatan sebanyak 22 variabel yang berkaitan dengan atribut reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles. Analisa dilakukan dengan metode pendekatan Analisis Faktor den metode Importance Performance Analysis (IPA). Dari 22 variabel atribut pelayanan dihasilkan 6 faktor yaitu Faktor I adalah Faktor Fasilitas dan Kenyamanan Halte, Faktor II adalah Faktor Pelayanan Petugas, Faktor III adalah Faktor Keamanan, Ketersediaan Informasi dan Keramahan Petugas, Faktor IV adalah Faktor Pelayanan Umum Operator, Faktor V adalah Faktor Pelayanan Armada Bus, dan Faktor VI adalah Faktor Kenyamanan. Dari analisis IPA didapatkan hasil yang digambarkan dalam grafik yang terbagi dari 4 kuadran yaitu, kuadran A menggambarkan variabel yang menjadi prioritas utama, kuadran B menggambarkan variabel yang harus dipertahankan kinerjanya, kuadran C menggambarkan variabel yang menjadi prioritas rendah, dan kuadran D menggambarkan variabel yang berlebihan kinerjanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Atribut Pelayanan,Batik Solo Trans (BST), Analisis Faktor, Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2013 08:20
Last Modified: 04 Sep 2013 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25528

Actions (login required)

View Item View Item